Search :

Advance


KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahkrul Jamal - Personal Name
Subyek MATHEMATICS
TEACHERS
TEACHER QUALIFICATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fakhrul Jamal. 2017. Kompetensi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru matematika di Sekolah Menegah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahalwan Kabupaten Aceh Barat. Pengumpulan data dikumpulkan melalui Observasi dan tes, Observasi dilakukan untuk pengamatan dokumen perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, Tes untuk melihat kompetensi pedagogik dan profesional guru. Hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, hal ini terlihat dari banyaknya guru yang sudah dalam penyusuna rencana pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah baik namun masih belum sesuai dengan kegiatan yang termuat di RPP dan masih banyak guru yang tidak mengunakan media pembelajaran dan tidak mengilustrasikan konsep pembelajaran dalam kehidupan nyata, kemudian secara ratarata kegiatan guru yang termuat di RPP hanya sebagian besar yang sesuai dengan pelaksanaan dilapangan. Kompetensi pedagogik guru dalam menjawab soal yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik belum baik, hal ini terlihat masih banyak guru yang belum menjawab dengan benar soal tentang karya ilimiah, asesmen lapangan, penilaian sikap siswa dan tentang portofolio. Kompetensi profesional guru berdasarkan tes, rata-rata guru belum bisa memahami dengan baik tentang deret aritmatika, namun pada materi aljabar, pecahan yang disusun dalam urutan naik, operasi bilangan, panjang diagonal ruang dari sebuah balok, himpunan, barisan, perbandingan nilai dan statistik dasar guru sudah memahmai dengan baik hal ini terlihat dengan banyaknya guru yang menjawab benar pada soal yang berkaitan dengan materi ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru belum sangat baik. Kata Kunci: Kompetensi guru, guru sertifikasi, kompetensi guru sekolah menegah pertama

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (MUSLIM, 2014)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NOVI ZULFIATI, 2016)

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Feby Syafitri, 2017)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU BETINA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Syamsul Nardi, 2017)

EVALUASI KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA PELAJAR SMP NEGERI 1 MEULABOH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ANHAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.