Search :

Advance


PERAN WANITA TANI TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ichsan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kemiskinan dan ketahanan pangan merupakan dua fenomena yang saling berkaitan, bahkan dapat disebut sebagai hubungan sebab akibat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keadaan ketahanan pangan yang rentan dapat menjadi sumber kemiskinan, sebaliknya kemiskinan dapat menyebabkan seseorang tidak memiliki ketahanan pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi ketahanan pangan rumah tangga wanita tani, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketahanan pangan pada tingkat rumah tangga wanita tani dan mengetahui peran wanita tani terkait pendapatan dan pendidikan dalam ketahanan pangan rumah tangga di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah tangga responden dengan kategori kurang pangan sebesar 45% dan rumah tangga kategori rawan pangan sebesar 55%. Nilai PPH rumah tangga respoden adalah 58,6 menunjukkan tidak seimbangnya mutu gizi rumah tangga responden. Peran wanita tani dalam ketahanan pangan rumah tangga kurang terlihat dikarenakan rendahnya pendapatan dan rendahnya tingkat pendidikan wanita tani. Variable yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat ketahanan pangan adalah pendapatan kepala keluarga. Sementara faktor lainnya seperti pendidikan wanita tani, pendapatan wanita tani dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh secara signifikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (INDA AMALIA, 2016)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA ULEE LHAT KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (TAUFIQURRAHMAN, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN RIKIT GAIB KABUPATEN GAYO LUES (siti wahyuni, 2016)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Reza Kurniaty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.