Search :

Advance


PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eriska Khairani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Permainan, Ular tangga, Evaluasi Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan permainan Ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA dalam materi vektor pada mata pelajaran fisika di MAN Darussalam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan permainan Ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA dalam materi vektor pada mata pelajaran fisika di MAN Darussalam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu X-IPA1 sebagai kelas eksperimen, dan X-IPA2 sebagai kelas kontrol dengan materi pembelajaran yang digunakan adalah materi vektor. Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data yang diteliti bersifat homogen atau tidak. Kemudian untuk mengetahui apakah sampel yang diambil terdistribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui adanya atau tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar yang segnifikan antara kelas X-IPA1 (eksperimen) dan X-IPA2 (kontrol), maka perlu dilakukan uji rata- rata satu pihak (uji t). Uji rata-rata satu pihak yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf segnifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 5,348313 dan nilai ttabel = 1,67109 dimana thitung >ttabel yang menunjukkan bahwa tolak H0 dan terima Ha. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA pada materi vektor di MAN DARUSSALAM Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD MENGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS MAN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH (Arif Rachman, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTIONAL GAMES BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmiyanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.