Search :

Advance


KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BENTHOS DI PERAIRAN KRUENG JREU KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mudrikatun Nafisah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mudrikatun Nafisah. 2016. Keanekaragaman dan Pola Distribusi Benthos di Perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S, M.Si. (2) Dr. Ismul Huda, M.Si. Kata kunci: keanekaragaman, pola distribusi, benthos Penelitian mengenai keanekaragaman benthos, pola distribusi benthos dan faktor fisika-kimia di perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman benthos, pola distribusi benthos dan kondisi fisika-kimia di Perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pengambilan sampel benthos dilakukan pada 3 stasiun, setiap stasiun dibagi menjadi 9 titik pengamatan dan dilakukan sebanyak 3 kali ulangan. Pengambilan sampel benthos dengan menggunakan Ekman Grab dan Sekop, selanjutnya diayak dengan ayakan bertingkat. Identifikasi benthos dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syiah Kuala. Metode mengukur data keanekaragaman dengan menggunakan Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener, metode mengukur pola distribusi dengan menggunakan Indeks Morisita dan Kondisi fisika-kimia dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah Indeks keanekaragaman (Ĥ) benthos di lokasi penelitian berkisar antara 0,68 sampai 0,90, dengan indeks keseluruhan stasiun sebesar 0,78. Indeks Morisita (Id) benthos di lokasi penelitian berkisar antara 0,0 sampai 1,34. Suhu udara berkisar antara 30 ºC sampai 32 ºC. Suhu air berkisar antara 26 ºC sampai 29 ºC. Salinitas adalah 0 ‰. pH berkisar antara 6,8 sampai 7,3. Kesimpulan penelitian adalah keanekaragaman benthos di Perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar adalah rendah. Pola distribusi benthos di Perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar adalah mengelompok. Kondisi fisika-kimia Perairan Krueng Jreu Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar menunjukkan kisaran yang mendukung untuk pertumbuhan benthos.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN KOMUNITAS BENTHOS DI PERAIRAN KRUENG CUT DESA ALUE NAGA (Muhammad Ikhsan, 2017)

GASTROPODA YANG MENDOMINASI PADA SALURAN PRIMER IRIGASI KRUENG JREU BERDASARKAN DEBIT AIR TERTINGGI DAN TERENDAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Taryanto, 2014)

DAMPAK PENGALIHAN LAHAN MANGROVE TERHADAP KEANEKARAGAMAN BENTHOS DAN STRATEGI KONSERVASI DI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Fitria Ulfa, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BIVALVIA DIKAWASAN PESISIR LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rika Ramadani, 2015)

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.