Search :

Advance


PENERAPAN TEKNIK JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN PENGUNGKAPAN DIRI SISWA SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Dina Fathaniah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fathaniah, Cut Dina. 2016. Penerepan teknik Johari Window untuk Meningkatkan pengungkapan Diri siswa SMP Negri 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Nur Janah, Psikolog, MM, (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed Kata kunci: Pengungkapan diri, teknik johari window Pengungkapan diri merupakan kegiatan membagi informasi kepada orang lain baik informasi pribadi maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengungkapan diri siswa SMPN 4 Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan teknik johari window, serta melihat ada atau tidaknya peningkatan pengungkapan diri setelah diberikan perlakuan berupa teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pra-experiment, one group pre-post test design. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan jumlah 10 orang dari 105 siswa yang diduga memiliki pengungkapan diri rendah. Data dikumpulkan dengan angket berskala 1-4. Uji paired sample sign-test yang dipakai untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan pengungkapan diri sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang segnifikan setelah diberikan perlakuan berupa teknik johari window sebanyak 6 kali pertemuan, didapat perbedaan nilai rata-rata posttest lebih besar dari pretest yaitu 110,1≥93,3 yang berarti, adanya peningkatan skor pengungkapan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik johari window. Peningkatan skor rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sebanyak 16,8. Adapun perubahan positif (+) atau X sebanyak 10 oleh sebab itu, dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0,5, maka probabilitas untuk X≥10 adalah 0,001 dan karena 0,001 lebih kecil dari pada 0,05 maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengungkapan diri siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh sebelum dan setelah diberikan teknik Johari Window. Hasil penelitian ini dapat menjadi ilmu dan sumber rujukan untuk pembaca. Peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan modul ini diharapkan dapat mengujicobakan kembali angket yang sudah ada, memaksimalkan setiap pertemuan treatment yang akan diberikan dan menambah metode pengumpulan data lainnya seperti wawancara agar hasil yang didapat lebih baik dari sebelumnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUNGKAPAN DIRI DAN KAITANNYA DENGAN HUBUNGAN INTERPERSONAL REMAJA (STUDI KORELASIONAL DI SMAN 5 BANDA ACEH) (Fitra Marsela , 2015)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Siti Ummami, 2014)

PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2, SMP NEGERI 8 DAN SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (irhamiati, 2017)

PENERAPAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Depi Darmawati, 2013)

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Syarifah Mursyida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.