Search :

Advance


JUMLAH CEMARAN MIKROB PADA TELUR AYAM RAS YANG DIJUAL DI SWALAYAN DAERAH DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhapni Pasaribu - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah cemaran mikrob pada telur ayam ras yang dijual di swalayan daerah Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan 40 butir telur ayam ras yang diperoleh dari 4 swalayan daerah Darussalam. Jumlah cemaran mikrob dilakukan dengan pour plate method (Total Plate Count) dengan pengenceran berseri 10-1 – 10-4 untuk kerabang dan isi telur. Data hasil penelitian ini disajikan secara deskriptif dan diuji lanjut dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah cemaran mikrob di swalayan A pada kerabang telur adalah 1,2x105 cfu/g dan pada isi telur adalah 1,1x105 cfu/g, di swalayan B pada kerabang telur adalah 1,1x105 cfu/g dan pada isi telur adalah 1,1x105 cfu/g, di swalayan C pada kerabang telur adalah 1,0x105 cfu/g dan pada isi telur adalah 9,1x104 cfu/g, dan di swalayan D pada kerabang telur adalah 1,0 x 105 cfu/g dan pada isi telur adalah 8,9x104 cfu/g. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ditemukan telur ayam ras yang dijual di swalayan daerah Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh tercemar mikrob melebihi batas Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu 1 x 105 cfu/g adalah pada swalayan A dan B, dan setelah di uji lanjut dengan uji korelasi hasilnya menunjukkan korelasi negatif, yaitu jumlah cemaran mikrob dengan lama waktu penjualan telur tidak signifikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA TELUR AYAM RAS YANG DIJUAL DI SWALAYAN DAERAH DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (IZDAHARRA MUTIA ULFAH, 2017)

DETEKSI FORMALIN PADA BAKSO GORENG YANG DIJUAL DIDAERAH DARUSSALAM-BANDA ACEH (Sahlan Harahap, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELUR AYAM DI KOTA BANDA ACEH (Nurbaiti, 2013)

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ovi Juliana, 2015)

CEMARAN SALMONELLA PADA TELUR AYAM RAS DI SEJUMLAH PETERNAKAN DALAM KABUPATEN ACEH BESAR (AGUS ERDIYANSYAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.