Search :

Advance


DAMPAK PERILAKU TURIS TERHADAP MORAL REMAJA (STUDI KASUS DI GAMPONG IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diana Armeli - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan sektor pariwisata yang terus melaju pesat memberikan pengaruh besar dalam masyarakat baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak positif terlihat dari perkembangan perekonomian pada masyarakat Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota sabang. Dampak negatif dapat dirasakan dari perubahan moral pada remaja Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang yang terjadi akibat pergeseran budaya karena banyaknya budaya baru masuk bersama kedatangan turis-turis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana dampak perilaku turis terhadap moral remaja di Gampong Iboih Kota Sabang dan bagaimana perbedaan pola perilaku remaja di daerah ada turis dengan pola perilaku remaja di daerah yang tidak ada turisnya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perilaku turis terhadap moral remaja, dan juga menganalisis bagaimana perbedaan pola perilaku remaja di daerah yang ada turis dengan pola perilaku remaja di daerah yang tidak ada turisnya. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Oleh Edwin H.Sutherland yang menjelaskan bahwa belajar merupakan sebuah proses perubahan didalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk sikap, pemahaman, dan tingkah laku individu tertentu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dampak dari perilaku turis terhadap moral remaja di Gampong Iboih Kota Sabang dapat terlihat dari bagaimana cara remaja berpenampilan, cara remaja berbicara dan cara remaja berinteraksi dengan teman-temannya. Perubahan yang terlihat dari segi fisik serta dampak buruk lainnya ialah sebagian remaja di Gampong Iboih lebih memilih untuk tidak sekolah agar bisa memanfaatkan peluang yang datang dari sektor pariwisata. Perubahan yang membuat perbedaan pada remaja di Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang lebih cenderung kearah budaya, perubahan yang terjadi seperti cara berpakaian remaja yang mulai terbuka, perubahan pola konsumsi yang mengakibatkan pergeseran budaya. Kata Kunci : Perilaku Turis, Moral Remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBINAAN MORAL REMAJA DALAM MENGATASI PENGARUH NEGATIF BUDAYA BARAT DI KOTA SABANGRN(SUATU PENELITIAN DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA) (mutia, 2014)

SIKAP WIRAUSAHA MASYARAKAT PESISIR DI DESA TEUPIN LAYEU KELURAHAN IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG (Melly Lisa, 2013)

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN MANGROVE GAMPONG IBOIH, KECAMATAN SUKAKARYA, KOTA SABANG (Meivi Iswandar, 2017)

BIOTA PENEMPEL YANG BERASOSIASI DI KAWASAN MANGROVE REHABILITASI PANTAI IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG (Padli Syah Putra, 2017)

POTENSI KAWASAN IBOIH SABANG SEBAGAI AREA PENGAMATAN BURUNG (BIRDWATCHING AREA (Nurul Wasilah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.