//

STUDI TEMPORAL KOMUNITAS IKAN KARANG PADA PERAIRAN PANTAI KRUENG RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Nur Fajri - Personal Name
SubjectFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini mengkaji tentang struktur komunitas ikan karang pada perairan pantai Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar selama 3 tahun (2014-2016). Pengambilan data dilakukan pada tiga stasiun dalam 3 tahun. Metode pengambilan data menggunakan metode Sensus Visual dengan kedalaman 3-4 meter. Hasil penelitian ditemukan rata-rata jumlah ikan karang selama tiga tahun yaitu 1743 individu yang terdiri dari 93 spesies mencakup 26 famili. Famili yang mendominasi berasal dari Pomacentridae, Acanthuridae, Chaetodontidae, dan Labridae. Tinggi rendahnya sebaran individu ikan karang dipengaruhi oleh faktor kondisi lingkungan ekosistem terumbu karang. Kondisi ekosistem terumbu karang pada perairan Krueng Raya mengalami kerusakan yang parah. Hal ini diakibatkan oleh aktivitas masyarakat lokal dan wisatawan yang menangkap ikan seperti memancing dengan menginjak koloni karang dan menggunakan alat tembak ikan (speargun), sehingga dapat merusak ekosistem terumbu karang. Faktor lain yang menyebabkan kerusakan ekosistem terumbu karang adalah terjadinya pemutihan karang tahun 2016, hampir 80% ekosistem terumbu karang pada perairan Krueng Raya terkena dampak dari fenomena ini (bleaching). Kata kunci : Perairan Krueng Raya, temporal, ikan karang, struktur komunitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN IKAN HERBIVORA DAN IKAN KORALIVORA SAAT DAN PASCA PEMUTIHAN KARANG PADA PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Khairunnas, 2018)

REKRUTMEN KARANG KERAS PASCA PEMUTIHAN KARANG DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR. (Ade Siswanto, 2018)

KEANEKARAGAMAN IKAN KARANG DI PERAIRAN DESA ULEE KAREUNG KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN (Muhammad Redha Subki, 2018)

PERSENTASE PEMUTIHAN KARANG (CORAL BLEACHING) DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Zahrathul Hayati A, 2017)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy