Search :

Advance


STRATIFIKASI HABITAT BURUNG DI KAWASAN HUTAN MATA IE GAMPONG LEU UE KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Mulya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mulya. S. 2016. Stratifikasi Habitat Burung di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S, M.Si (2) Dr. Abdullah, M.Si Kehadiran berbagai burung di hutan Mata Ie menunjukkan adanya penggunaan habitat dan penggunaan sumberdaya oleh fauna daratan. Penggunaan habitat oleh burung tidak menggunakan seluruh strata habitatnya, tetapi menempati strata tertentu sesuai perilaku individu dalam menyeleksi habitat. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui spesies burung yang hadir pada setiap strata habitat di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 2) mengetahui strata vegetasi di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 3) mengetahui persebaran vertikal spesies burung di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 4) mengetahui fungsi dan pemanfaatan habitat oleh burung di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 5) mengetahui komposisi pengunaan masing-masing posisi vertikal oleh setiap spesies di Kawasan Hutan Mata Ie Gampong Leu Ue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Analisis data pemanfaatan habitat digunakan rumus fungsi habitat. Hasil diperoleh adalah 10 spesies burung yang berasal dari 6 famili dan 2 ordo. Lokasi penelitian didominasi oleh Samanea saman dengan jumlah 16 pohon di ketiga titik pengamatan, kemudian diikuti dengan jenis Hibiscus tiliaceus dengan jumlah 24 pohon pada ketiga titik pengamatan. Sebagian besar individu jenis burung menggunakan strata V (4,50-15 m) sebagai tempat untuk melakukan aktivitasnya, diikuti oleh strata IV (1,80-4,50 m), strata VI (>15 m), strata III (0,60-1,80 m), strata II (0,60-0,15 m) dan strata I (0-0,15 m). Kesimpulan diperoleh adalah spesies yang termasuk ke dalam famili Ploceidae pada strata dengan ketinggian rendah seperti pada stara I banyak digunakan untuk mencari makan, sedangkan pada strata yang lebih tinggi banyak digunakan untuk aktivitas bergerak dan bersuara. Burung dari famili Pycnonotidae aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah bergerak dan istirahat. Pada strata V dan VI didominasi oleh aktivitas gerak dan beristirahat. Burung dari jenis famili Nectariniidae sering memanfaatkan strata IV dan V untuk mencari makan dan bergerak. Kata Kunci: Burung, Stratifikasi Habitat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI KAWASAN MATA IE KECAMATAN DARUL IMARAH DAN DI GAMPONG IBOIH PULAU WEH SABANG (Raudhatul Husna, 2014)

KEHADIRAN BURUNG DAN STRATIFIKASI HABITAT DI KAWASAN PROGRAM REHABILITASI HUTAN MANGROVE KAMPUNG PANDE KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (Ari Zona Wibowo, 2016)

ISOLASI SALMONELLA SP PADA TELUR BURUNG PUYUH(COTURNIX COTURNIX JAPONICA) YANG GAGAL MENETAS DI DESA GAROT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (Latifa Suryandari, 2016)

ISOLASI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA RUANG KANDANG BURUNG PUYUH (CORTUNIX CORTUNIX JAPONICA) DI DESA GAROT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (HAFITATUL AINI, 2017)

ANALISIS FINANSIAL PETERNAKAN PUYUH HANIN GROUP DESA LAMBHEU BARAT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (lia mutika finoria, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.