//

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ridha - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
STUDY METHODS
COMMUNICATION IN TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhammad Ridha (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis merupakan dua kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seorang siswa. Dengan kemampuan tersebut siswa bisa menalar dan menyelesaikan masalah- masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menumbuh kembangkan kemampuan tersebut, maka salah satu pembelajaran yang relevan adalah pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, serta melihat interaksi berdasarkan level kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMK Negeri 1 Meulaboh dengan mengambil sampel dua kelas diambil secara acak dari 7 kelas yang tersedia. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan uji ANOVA dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05, baik berdasarkan keseluruhan siswa maupun berdasarkan kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan melalui pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan konvensional, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan konvensional, 3) terdapat interaksi antara pendekatan matematika realistik dengan level siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, 4) terdapat interaksi antara pendekatan matematika realistik dengan level siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik, Berpikir Kritis, Komunikasi matematis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.