//

PENGARUH EKSTRAK DAUN MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA L.) TERHADAP LUAS DAN PERSENTASE PENYEMBUHAN ULSER TRAUMATIK MUKOSA ORAL TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) SECARA IN VIVO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADIA VIDIRACHMILLA - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nadia Vidirachmilla Fakultas : Kedokteran Gigi Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Pengaruh Ekstrak Daun Mengkudu (Morinda citrifolia L) terhadap Luas dan Persentase Penyembuhan Ulser Traumatik Mukosa Oral Tikus Wistar (Rattus norvegicus) secara In Vivo Ulser traumatik merupakan sebuah lesi pada mukosa oral yang disebabkan oleh trauma. Ulser yang terasa nyeri dapat mengganggu aktivitas dan proses metabolisme. Daun Mengkudu (Morinda citrifolia L) mengandung flavonoid, saponin, dan tanin yang bersifat sebagai anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan sehingga mempercepat proses penyembuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun Morinda citrifolia L terhadap luas ulser dan persentase penyembuhan ulser traumatik pada mukosa oral. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan desain post test only group. Ulser traumatik dibuat dengan meletakkan burnisher panas pada mukosa labial bawah selama satu detik pada dua belas Rattus norvegicus. Rattus norvegicus tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan ekstrak daun Morinda citrifolia L, kelompok kontrol diberikan triamcinolone acetonide 0,1% dan akuades. Penelitian dilakukan selama 10 hari untuk pengukuran diameter ulser dan pengaplikasian ekstrak. Ulser telah sembuh pada kelompok ekstrak daun Morinda citrifolia L adalah pada hari ke delapan, kelompok kontrol positif pada hari ke sepuluh, dan kelompok kontrol negatif juga pada hari ke sepuluh. Hasil uji statistik menggunakan uji t tidak berpasangan menunjukkan ekstrak daun Morinda citrifolia L tidak memiliki pengaruh bermakna terhadap luas dibandingkan kontrol positif dan negatif dengan nilai p = 0,127 dan 0,086 (p > 0,05), dan juga tidak berpengaruh bermakna terhadap persentase penyembuhan dibandingkan kontrol positif dan negatif dengan nilai p = 0,138 dan 0,694 (p > 0,05). Disimpulkan ekstrak daun Morinda citrifolia L tidak berpengaruh bermakna terhadap luas dan persentase penyembuhan ulser traumatik dibandingkan dengan kontrol positif dan negatif. Kata kunci: ekstrak daun Morinda citrifolia L, ulser traumatik, mukosa oral.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN UBI JALAR UNGU (IPOMOEABATATAS L.) TERHADAP LUAS DAN PERSENTASE PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (INTAN NOVITA, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (CUT NADIRA SABILLA, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Dini Alsandy, 2014)

PENGARUH EKSTRAK PROPOLIS TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Rika Mulia Mara, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy