Search :

Advance


ANALISIS KAUSALITAS PENERIMAAN DAN PENGELUARAN PEMERINTAH DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS PERIODE 2011-2014) DENGAN METODE GRANGER CAUSALITY

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Sari Saifuddin - Personal Name
Subyek GOVERNMENT EXPENDITURES
REVENUE - PUBLIC FINANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Analisis Kausalitas Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah Di Provinsi Aceh (Studi Kasus Periode 2011-2014) dengan Metode Granger Causality Mutia Sari Saifuddin (1209200010042) Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis pola atau arah hubungan kausalitas antara penerimaan dan pengeluaran pemerintah di Provinsi Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan 23 Kabupaten/Kota tahun 2010 hingga 2014 (92 observasi). Analisis penelitian ini menggunakan pendekatan Granger Causality. Hasil menunjukkan pada ke empat model yang digunakan memberikan hasil yang berbeda. Model 1 (PAD+DAU+DAK) dan model 4 (DAU+DAK) terjadi kausalitas penerimaan dan pengeluaran dengan signifikansi 5 persen, selanjutnya model 3 (PAD+DAK) hanya penerimaan yang mempengaruhi pengeluaran sedangkan pengeluaran tidak mempengaruhi penerimaan dengan signfikansi 5 persen. Antara model 1 dan model 4, model 4 lebih efektif dalam peningkatan penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Penggunaan dua sumber anggaran yakni DAU dan DAK cukup memberikan hasil yang lebih baik terhadap pengeluaran, serta pengeluaran memberi dampak peningkatan penerimaan. Sehinggga model 4 lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan menggunakan seluruh pendapatan. Pemerintah dalam menganggarkan belanja daerah dibutuhkan dana yang cukup besar dan juga bersamaan peningkatan sumber-sumber pajak yang berpotensi. Sehingga dalam pembagian dana sesuai daerah kabupaten/kota akan tercukupi untuk menjalankan program-program pemerintah. Kata Kunci : Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Granger Causality.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA PENGELUARAN BELANJA MODAL PEMERINTAH DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA (Syukur Azmi, 2014)

ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH ACEH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI ACEH SETELAH TSUNAMI (Hewi Susanti, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PROVINSI ACEH (MIRAGUTIA MAYZA, 2016)

ANALISIS KAUSALITAS ANTARA INFLASI DAN PENGANGGURAN DI INDONESIA (ANNISSA NABELLA, 2017)

PENGARUH DANA PERIMBANGAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA) PENGARUH DANA PERIMBANGAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH(PAD) TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA) (Ikhsan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.