//

PERAN MEDIA BARU DALAM MEMBENTUK KOMUNITAS VIRTUAL (STUDIPADA MAHASISWA YANG BERGABUNG DALAM KOMUNITAS ACEHVIDGRAM DI INSTAGRAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rafiqa Hidayanti.s - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRACT This research titled “The Role of New Media in Shaping the Virtual Community (Study on Students Who Joined in Acehvidgram Community on Instagram)”. This study aims to look at the role of @acehvidgram Instagram account of the formation of virtual communities among students and to see the extent of instagram as social media has the power to form virtual communities in cyberspace. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive method. In this study, researcher used the Cyber Community theory. This theory emphasizes social groups that developed in the virtual world. Theory cyber community is considered essential for formulating the extent of information technology such as social networking and creat a concept of nasionalism plays contemporary with the formation of the group in virtual world. Informants in this study were students who become members of the Acehvidgram Community in Aceh province. The data collection technique used in this study are semi –structured interview and documentation. The sampling technique us in purposive technique. This study was conducted in December 2016, to six informants which the informants criteria is the initiator of Acehvidgram Community group. The result of this study showed that the presence of @acehvidgram instagram account to participate to the creation of virtual community among students. This also indicates that social media has instagram as an effective force in building unity in virtual communities in cyberspace. Keywords: New Media, Social Media, Instagram, Virtual Community, Cyber Community, Acehvidgram Community. ABSTRAK Judul dari penelitian ini adalah “Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi Pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran akun instagram @acehvidgram terhadap pembentukan komunitas virtual dikalangan mahasiswa dan untuk melihat sejauh mana instagram sebagai sosial media memiliki kekuatan dalam membentuk komunitas virtual di dunia maya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Cyber Community. Teori ini lebih menekankan kelompok sosial yang berkembang di dalam dunia maya. Teori cyber community dianggap penting karena merumuskan sejauh mana teknologi informasi seperti social networking berperan serta menciptakan konsep nasionalisme kekinian dengan pembentukan kelompok dalam dunia maya. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi anggota Komunitas Acehvidgram di Provinsi Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara semi terstruktur, dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan ialah teknik purposif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016 kepada 6 informan dengan kriteria informan yaitu tim initiator dari Komunitas Acehvidgram. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa keberadaan akun instagram @acehvidgram berperan serta terhadap terbentuknya komunitas virtual dikalangan mahasiswa. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa instagram sebagai sosial media memiliki kekuatan yang efektif dalam membangun kebersamaan dalam komunitas virtual di dunia maya. Kata Kunci: Media Baru, Media Sosial Instagram, Komunitas Virtual, Cyber Community, Komunitas Acehvidgram.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM) (M. Furqan Alfindra, 2017)

PERILAKU BERKENDARAAN PADA KOMUNITAS MOTOR CBR DI BANDA ACEH (ZULFIANTI ADE PUTRI, 2016)

KETERGANTUNGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KAITANNYA DENGAN PERILAKU SELFIE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hidayah, 2016)

PENGARUH VIRTUAL BRAND COMMUNITIES TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA WORD OF MOUTH ADVERTISING PADA KOMUNITAS SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION V-ASCA DI KOTA BANDA ACEH (Arief Arham, 2017)

MOTIVASI IBU-IBU MUDA ACEH BERGABUNG DALAM KOMUNITAS HIJABERS (STUDI DESKRIPTIF PADA HIJABERSMOM COMMUNITY ACEH) (mawaddah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy