//

PENGARUH PESAN MEME PENDIDIKAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERKULIAHAN (PENELITIAN TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yudha Pranata - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pesan Meme Pendidikan di Media Sosial Instagram terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan apakah ada pengaruh pesan meme pendidikan di media sosial Instagram terhadap persepsi mahasiswa tentang perkuliahan. Pada penelitian ini pengaruh persepsi mahasiswa dilihat dari pesan meme pendidikan yang ada di Instagram. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 29.046 mahasiswa, jumlah sampel yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin presisi 10% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden. Teori S-O-R merupakan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini, dimana menurut teori S-O-R menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan mempekirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikasi. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif analisis eksplanatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, dan diolah secara statistik dangan program SPSS versi 23 yaitu, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t-hitung, dan identifikasi determinan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah sebesar 13,262 dan nilai ttabel pada 0,05 pada uji dua sisi diketahui 1,984, maka Ha diterima, dan dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh nilai b = 0,942 (94,2%) dengan taraf signifikansi 0,000 artinya pesan meme pendidikan di media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa tentang perkuliahan. Kata Kunci: Pesan meme, Instagram, Persepsi Mahasiswa,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERGANTUNGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KAITANNYA DENGAN PERILAKU SELFIE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hidayah, 2016)

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Inong Rizki Firdhah, 2015)

MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM) (M. Furqan Alfindra, 2017)

PENGARUH EMOTIONAL RESPONSE DAN COGNITIVE RESPONSETERHADAP WORD OF MOUTH INTENTION DENGANSATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASIPADA MAHASISWAPENGGUNA INSTAGRAMDI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Intan Farahdiba, 2016)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.