Search :

Advance


PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016.

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rini Hardianti Ritonga - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar, Take and Give, Make a Match Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan hasil belajar siswa yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Take And Give dan model Pembelajran make a matc di MTsN Model Banda Aceh “. Permasalahan yang terdapat di MTsN Model Banda Aceh adalah siswa memiliki nilai ulangan yang rendah dan di bawah nilai KKM, siswa tidak memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang malu bertanya kepada guru dan lebih memilih diam atau bertanya kepada temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada make a match siswa MTsN model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada make a match siswa MTsN model Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 308 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan pre test dan post-test kepada siswa. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus statistik Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,91. Nilai tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan (α) = 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n_1 + n_2 – 2 maka diperoleh nilai ttabel = 1,67. Berdasarkan hasil ini ternyata nilai thitung > ttabel 2,91 > 1,67. Sesuai dengan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran take and give lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran make a match.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (RIZQA NURULLAH MJ, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016. (Rini Hardianti Ritonga, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.