Search :

Advance


UPAYA INSTITUSI SOSIAL DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS ANAK DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP INSTITUSI FORMAL DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DI KOTA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hidayati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perubahan dan perkembangan dunia industrialisasi seakan menuntut masyarakat bekerja tiada henti dalam mencukupi kebutuhan untuk menunjangi proses kehidupan sehari-harisehingga beberapa keluarga melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang salah satunya dengan mengikutsertakan anak-anaknya bekerja untuk mengemis. Untuk mengembalikan kehidupan yang tak terarah menjadi kehidupan yang teratur tidak lepas dari upaya Pemerintah khususnya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis anak di Kota Banda Aceh? Dan Apa faktor pendukung dan penghambat Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis anak di Kota Banda Aceh? Skripsi ini bertujuan untuk melihat upaya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda dalam menanggulangi pengemis anak di Kota Banda Aceh dan melihat faktor pendukung dan penghambat upaya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis anak di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data di lakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kontrol Sosial yang di kemukakan oleh Horton dan Hunt untuk melihat bagaimana upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis anak di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan upaya dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja yaitu, Pengontrolan, Teguran, Sosialisasi, Modal Usaha, dan Sanksi Psikologi. Faktor pendukung, Satpol PP, Kepolisian Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telematika, dan faktor penghambat, tidak adanya Qanun, Keluarga, Masyarakat dan Lingkungan. Adapun kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa upaya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sudah tepat namun tetap membutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat dalam melakukan upaya terkait dalam penanggulangan pengemis anak di Kota Banda Aceh. Kata kunci: Upaya Penanggulangan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Pengemis Anak

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS DI KOTA BANDA ACEH (Afzal, 2016)

POLA PEMBINAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) OLEH DINAS SOSIAL KOTA BANDA ACEH (Fahdy Murtadha, 2016)

PERILAKU MENGEMIS DI KOTA BANDA ACEH (Mentari, 2014)

TINDAK PIDANA MELAKUKAN EKSPLOITASI ANAK SECARA EKONOMI SEBAGAI PENGEMIS (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (LISMAIDA, 2016)

PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS SOSIAL DALAM PENYEDIAAN FASILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA BANDA ACEH (Dian Riska Sani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.