Search :

Advance


PERANAN INDUSTRI KECIL KERAJINAN BORDIR DI GAMPONG LAMBARO SKEP KOTA BANDA ACEH TERHADAP PERUBAHAN PEKERJAAN DAN PENDAPATAN KELUARGA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Septia Dila W - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Saat ini permasalahan yang sering dihadapi suatu daerah adalah kelebihan tenaga kerja dan kecilnya kesempatan kerja yang tercipta pada setiap sektor sehingga terjadinya pengangguran. Pemerintah berupaya mengembangkan berbagai sektor, salah satunya sektor kerajinan dan industri kecil. Industri kecil memiliki peran strategis dalam peningkatan pendapatan, perluasan lapangan kerja, dan kesempatan berusaha Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran industri kecil kerajinan bordir di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh terhadap perubahan pekerjaan masyarakat dan juga pendapatan keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Perubahan Sosial yang dikemukakan oleh Sztompka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pemilik dan tenaga kerja pada industri kecil kerajinan bordir di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh. Metode pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa peran industri kecil kerajinan bordir di Gampong Lambaro Skep terhadap perubahan pekerjaan dan pendapatan keluarga sangat besar. Dimana keberadaan industri tersebut menjadi solusi bagi tenaga kerja yang belum tertampung, sehingga bisa membantu perekonomian keluarga khususnya bagi kaum perempuan yang dulunya tidak memiliki pekerjaan atau hanya bekerja sebagai seorang ibu rumah tangga menjadi pekerja pada industri tersebut menjadi tukang bordir, tukang jahit dan tukang memasang payet. Terhadap pendapatan keluarga industri kerajinan bordir juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Dimana para pekerja sudah mampu memenuhi kebutuhan keluarganya dari hasil usaha bordir yang ditekuni oleh meraka. Pemilik usaha menghasilkan pendapatan Rp.15.000.000-Rp.20.000.000/bulan, sedangkan para pekerja berpenghasilan Rp.2.000.000-Rp.3.000.000/bulan Kata Kunci: Industri Kecil Kerajinan Bordir, Perubahan Pekerjaan, Pendapatan Keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENERAPAN GAMPONG SYARIAT (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP) (NURMASYITAH, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA KELUARGA YANG MEMILIKI BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP BANDA ACEH TAHUN 2012 (andi maulizar, 2014)

PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN BATOK KELAPA DI GAMPONG UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA, SABANG, 2005-2017 (Ika Nadia Lestari, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

KETERAMPILAN BORDIR SEBAGAI PELUANG USAHA PADA WANITA DI DESA PADANG DATAR KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Ainul Mardhiah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.