Search :

Advance


HUBUNGAN KADAR HBA1C DENGAN GEJALA SINDROMA MATA KERING PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANAASIYYA SITI L - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Sindroma Mata Kering (SMK) merupakan komplikasi pada permukaan mata dari penyakit diabetes ditandai oleh rasa tidak nyaman, gangguan penglihatan, dan ketidakstabilan film air mata yang berpotensi merusak permukaan okular. Diabetes dikenal sebagai penyebab paling umum kebutaan pada usia 20-74 tahun. Diketahui bahwa 90% populasi diabetes adalah diabetes melitus tipe 2 (DM tipe 2). Faktor resiko yang mempengaruhi timbulnya SMK pada pasien DM tipe 2 adalah Kadar HbA1c dan lama menderita. Gejala SMK dinilai menggunakan Ocular Surface Disease Index (OSDI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kadar HbA1c dengan gejala sindroma mata kering pada pasien DM tipe 2 di poliklinik endokrin RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel secara consecutive sampling, diperoleh 91 responden yang menderita DM tipe 2 di poliklinik endokrin RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai responden DM tipe 2 menggunakan kuisioner OSDI. Data diuji dengan menggunakan uji Chi-square dengan nilai p value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

HUBUNGAN DOSIS METFORMIN DENGAN KONTROL GLIKEMIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN OBESITAS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Kurniadi Abdullah, 2014)

PERBANDINGAN LAJU ALIRAN SALIVA TANPA STIMULASI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN) (Muhammad Jufri Azinar, 2017)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN ADAPTATION MODEL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL SAFRIANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.