Search :

Advance


KAJIAN PELAYANAN SARANAN DAN PRASARANA BUS TRANS KOETARADJA DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku M Kautsar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Trans Koetaradja merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mereformasi sistem angkutan umum di kawasan perkotaan. Koridor yang sudah beroperasi yaitu koridor I yang menghubungkan antara pusat Kota – Darussalam, dimana terdapat kampus Unsyiah dan UinAr. Kondisi pelayanan saat ini kurang efisien terutama pada kawasan Kampus Darussalam. Apabila penumpang ingin menuju ke salah satu fakultas atau tujuan lainnya yang ada di dalam kampus Unsyiah dan Uinar, maka belum ada prasarana penghubung antara halte di kawasan kampus menuju fakultas atau tujuan yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap sarana dan prasarana Trans Koetaradja di kawasan Kampus Darussalam dan mengidentifikasi sejauh mana kelengkapan sarana dan prasarana Trans Koetaradja berdasarkan peraturan dan ketetapan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan ini dilakukan untuk menggambarkan kondisi sarana dan prasarana Trans Koetaradja. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 200 kuesioner kepada mahasiswa Unsyiah dan UinAr dan dianalisa menggunakan Skala Guttman untuk memperlihatkan persentase persepsi mahasiswa kemudian dijabarkan secara deskriptif. Dari hasil penelitian ini pada kawasan Kampus Darussalam perlu ditambahkan beberapa halte untuk meningkatkan aksesibilitas yaitu yang terletak pada pasar Rukoh, lingkar Kampus, Rumah Sakit Prince Nayef, Stadion Mini Unsyiah, Sektor Timur, Fathun Qarib, MTsN Rukoh, dan Wisma Kompas. Tata letak halte tidak sesuai, kemiringan ramp yang terlalu landai bagi pengguna kursi roda dan tidak terdapat papan informasi Trans Koetaradja. Hasil dari penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa rute Trans Koetaradja tidak mengakomodir aksesibilitas mahasiswa. Bus Trans Koetaradja sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM. 10 Tahun 2012. Halte Trans Koetaradja memperlihatkan kondisi yang nyaman. Hal ini ditunjukan fasilitas bus Trans Koetaradja sudah sangat lengkap dan sudah berada dalam kondisi baik. Kata Kunci : Persepsi, Trans Koetaradja, Sarana dan Prasarana, halte

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENYEDIAAN JALUR SEPEDA PADA KAMPUS UIN AR-RANIRY SEBAGAI PRASARANA LANJUTAN TRANS KOETARADJA (Sahmullah, 2017)

ANALISA AKSESIBILITAS RUTE TRANS KOETARADJA KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Novida Setiawan, 2016)

ANALISIS PEMILIHAN MODA AKIBAT KEBIJAKAN PENGOPERASIAN BUS TRANS KOETARADJA DI BANDA ACEH (Nurul Rahmi, 2016)

ANALISIS PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAPTRANSPORTASI UMUM DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS TRANS KOETARADJA) (GUSTIKA DERI PRATIWI, 2016)

KAJIAN PERENCANAAN JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Rahmad Fadli, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.