//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novri Arna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Arna, Novri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidance,Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Alat-alat Optik Pada Kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Skripai, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Tarmizi, M.Pd., (2) Drs. Ngadimin, M.Si Kata Kunci: model pembelajaran (ARCS), materi alat-alat optik Siswa kurang minat dengan pelajaran fisika, siswa kurang motivasi untuk belajar fisika karena pelajaran fisika membosankan bagi mereka. Pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung masih ada siswa yang bermain-main dan tidak serius untuk belajar pelajaran fisika. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARCS, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat penerapan model pembelajaranARCS, untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran ARCS, untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaranARCS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu soal posttest, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar respon siswa terhadap model pembelajaran ARCS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individual dengan persentase dari siklus I hingga siklus III yaitu 56,25%, 71,88%, dan 90,63% dan hasil belajar klasikal juga meningkat dengan persentase mulai dari siklus I hingga siklus III yaitu 40%, 50% dan 80% adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, kemudian terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang hingga menjadi sangat baik selain itu respon siswa juga membawa dampak positif dimana 90% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan model pembelajaran ARCS ini dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkn hasil belajar siswa dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Alat-Alat Optik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Suci Damawiyah, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5 DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH (Mayangku Serungke S.yoga, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN KIT FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ferryana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.