//

ANALISIS PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mikhral Rinaldi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel perdagangan internasional yang terdiri dari transaksi berjalan, kurs dan variabel makro ekonomi yang terdiri dari investasi dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini menggunakan data kurun waktu tahun 2000 hingga tahun 2015. Model yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS) dengan menggunakan software Eviews 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, ketika tenaga kerja mengalami peningkatan sebanyak 10.000 jiwa maka PDB akan naik sebesar 47,2 Rupiah. Variabel transaksi berjalan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDB Indonesia, ketika transaksi berjalan mengalami peningkatan sebesar US$ 1.000.000 maka PDB Indonesia akan mengalami penurunan sebesar 9.77 Rupiah. Untuk variabel kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDB Indonesia, ketika Rupian terdepresiasi sebesar 1 Rupiah maka PDB Indonesia akan mengalami penurunan sebesar 76.5 Rupiah. Dalam penelitian ini variabel investasi tidak berpengaruh terhadap PDB Indonesia. Kata Kunci: PDB, perdagangan internasional, makro ekonomi, transaksi berjalan, kurs, investasi, tenaga kerja, OLS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP EMISI CO2 DI INDONESIA (Noor Muhammad Tarqi, 2015)

PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP BURSA SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) INDONESIA (Haris Risqi Aulia, 2017)

ANALISIS PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT DAN NILAI TUKAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Zul Iqram. Jas, 2015)

PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Mutia Sari, 2017)

PENGARUH PERDAGANGAN DAN PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA: SEBUAH APLIKASI AUTOREGRESSIVE DISTRIBUTED LAG MODEL (IPA JAMIAH ARFA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.