Search :

Advance


MODERNISASI PERTANIAN PADA PETANI PADI DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatthaya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gejala modernisasi telah merambah dalam semua sektor kehidupan manusia, ruang privat maupun publik, dari modernisasi teknologi sampai modernisasi gagasan. Modernisasi dapat diartikan sebagai perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Modernisasi tidak lepas dari panggunaan teknologi. Indonesia merupakan negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama dari mayoritas penduduknya. Pertanian merupakan sebuah sektor yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Untuk itu sektor pertanian menjadi tumpuan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Kecamatan Bandar Baru adalah salah satu kecamatan di aceh yang kesejahteraan ekonomi masyarakatnya tergantung pada sektor pertanian, terutama dalam sektor pertanian padi. Masyarakat mengandalkan sektor pertanian sebagai peningkatan taraf kesejahteraan mereka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan teknologi disektor pertanian padi di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya ? dan Bagaimana modernisasi pertanian berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya ?. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi disektor pertanian dan untuk mengetahui bagaimana modernisasi pertanian dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori adopsi untuk mengetahui bagaimana masyarakat dapat menerima teknologi dalam pertanian padi. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang memenuhi kriteria subjek peneliti serta relevan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Bentuk-bentuk penggunaan teknologi pada sektor pertanian di Kecamatan Bandar baru yaitu seperti penggunaan alat-alat alsintan seperti traktor, mesin perontok, mesin pemotong padi, penggunaan bibit-bibit unggul, penggunaan pupuk-pupuk kimia. Modernisasi pertanian juga telah mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani dan buruh tani di Kecamatan Bandar baru. Kata Kunci: Modernisasi Pertanian, Petani Padi, Kesejahteraan viii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN FAKTORRNYANG MEMPENGARUHI TINGKAT PRODUKSI KAKAORNDI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Fantashir Awwal Fuqara, 2014)

ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Dahrul Yani, 2017)

PEMERIKSAAN KONTAMINASI BORAKS PADA BAKSO DAGING SAPI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (RIZAL FUADI, 2015)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Nurmala, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.