//

KENDALA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 11 KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irfandy - Personal Name

Abstrak/Catatan

Irfandy. 2016. Kendala Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 11 Kota Sabang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Intan Safiah, S.Ag, M.Pd ., (2) Drs. Adnan, M.Pd. Kata kunci: Kendala, Media Audio Visual, Tematik Dalam pembelajaran tematik di kelas, salah satu media pembelajaran yang digunakan guru adalah media audio visual. Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, slide, suara dan sebagainya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik di SD Negeri 11 Kota Sabang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik di SD Negeri 11 Kota Sabang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Untuk mengolah data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Data penelitian ini bersumber dari guru-guru yang sedang mengajar. Subjek penelitian ini terdiri dari guru kelas I, II, III dan IV. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 18 sampai 24 November 2016 di SD Negeri 11 Kota Sabang, yang beralamat di Jalan Tinjau Alam, Cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Alasan peneliti mengambil subjek penelitian, karena sekolah tersebut belum ada yang pernah melakukan penelitian tentang kendala guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, guru kurang paham atau masih binggung, ragu-ragu dan tidak terampil dalam memanfaatkan media audio visual yang ada. Kedua, masih merasa enggan dalam memanfaatkan slide dan video. Ketiga, masih terikat dengan media konvensional. Simpulan penelitian ini adalah bahwa guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik mengalami kendala seperti tidak terampil dalam memanfaatkan media berbasis slide, belum efektif dalam menyajikan media berbasis slide, belum efisien atau jarang menyajikan media berbasis video dan belum begitu terampil dalam mengoperasikan atau tata cara pemasangan infokus ke laptop (komputer).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS KEMBALI TEKS CERITA FABEL DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH (Muhammad Wahyu Ikhsan, 2018)

MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN (PENELITIAN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH) (Putra Setiawan, 2018)

THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA IN TEACHING SPEAKINGRN(A PRE-EXPERIMENTAL STUDY AT SMP BUSTANUL ARIFIN BENER MERIAH) (Feri Kurniawan, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy