Search :

Advance


TINJAUAN KESULITAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMPN KECAMATAN KOTA SIGLI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwansyah Putra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Tinjauan Kesulitan Guru Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran IPA di SMPN Kecamatan Kota Sigli” ini mengangkat masalah apa sajakah kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran IPA di Kecamatan Kota Sigli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran IPA di SMPN se Kecamatan Kota Sigli. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru IPA, dalam hal ini guru Fisika dan Biologi yang ada di SMPN se Kecamatan Kota Sigli berjumlah 38 orang (sampel total). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara (interview) dan penyebaran angket untuk mengumpulkan data tentang kesulitan yang dialami guru IPA dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesulitan guru IPA tentang tujuan Kurikulum 2013 tergolong rendah. Kesulitan tentang proses pembelajaran dikategorikan kedalam tingkat kesulitan sedang, sedangkan aspek model pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa dalam proses pembelajaran tergolong dalam tingkat kesulitan tinggi. Kesulitan guru IPA tentang materi pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dikategorikan tingkat kesulitan sedang, aspek pengetahuan yang diharapkan dimiliki oleh siswa dari penerapan Kurikulum 2013 dalam materi pembelajaran tergolong dalam tingkat kesulitan tinggi. Kesulitan guru IPA berkaitan dengan penilaian tergolong kedalam tingkat kesulitan sedang, tetapi kesulitan tergolong tinggi dalam hal cara guru melakukan penilaian otentik. Kesulitan dalam hal cara pembuatan RPP tergolong kedalam tingkat kesulitan rendah. Disarankan guru memperkaya pengetahuan tentang tujuan, proses pembelajaran, materi, penilaian dan cara pembuatan RPP dalam Kurikulum 2013 dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan baik itu secara terpusat oleh pemerintah atau individual oleh pimpinan sekolah atau daerah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS TINGGI GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (Suhartini, 2017)

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA KOTA BANDA ACEH (MUZAYYIN, 2016)

KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Lini Yulia, 2017)

KESESUIAN RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA OLEH GURU DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 (Syafriska Maulyani, 2017)

KESULITAN GURU MATEMATIKA MENGIMPLEMENTASIKANRNMODEL PEMBELAJARAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (Iyana Maulida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.