Search :

Advance


CAMPUR KODE BAHASA ACEH DAN BAHASA INGGRIS PADA JUDUL BERITA HARIAN PROHABA DAN SIKAP PEMBACANYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juliani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Juliani. 2017. Campur Kode Bahasa Aceh dan Bahasa Inggris pada Judul Berita Harian Prohabadan Sikap Pembacanya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Ramli, M.Pd., (2) Azwardi, S.Pd., M.Hum. Kata kunci: campurkode, bahasa Aceh, bahasaInggris, judulberita, sikappembaca Penelitian yang berjudul “Campur Kode Bahasa Aceh dan Bahasa Inggris pada Judul Berita Harian Prohaba dan Sikap Pembacanya” ini mengangkat masalah (1) bagaimanakah bentuk campur kode pada judul berita harian Prohaba dan (2) bagaimanakah sikap masyarakat terhadap campur kode pada judul berita harian Prohaba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pembaca harian Prohaba di Kecamatan Darussalam, Aceh Besar dan harian Prohaba edisi Februari dan Maret 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Bentuk campur kode yang terjadi pada judul berita harian Prohaba yaitu sebagai berikut: (1) campur kode BA terjadi pada bentuk kata, frasa, klausa, idiom, dan baster dan (2) campur kode B.Ing terjadi pada bentuk kata, idiom, dan baster. Sikap pembaca terhadap campur kode pada judul berita harian Prohaba yaitu sebagai berikut: (1) terkesan lucu serta menarik, (2) memberi motivasi untuk membaca berita, (3) tidak sulit untuk dipahami, (4) membawa dampak positif dalam hal berbahasa, (5) bahasa tidak sopan, dan (6) pembaca peduli terhadap penulisan kosakata yang salah serta khawatir akan rusaknya bahasa apabila sering terdapat campur kode pada judul berita harian Prohaba. Campur kode yang dominan pada judul berita harian Prohaba adalah campur kode B.Ing. Campur kode B.Ing terdapat 52% (50 judul), sedangkan campur kode BA terdapat 48% (46 judul).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

CAMPUR KODE BAHASA INGGRIS DALAM TUTURAN BAHASA INDONESIA PENYIAR SIARAN RADIO OZ ACEH (Fitria Winanda, 2014)

ANALISIS GAYA BAHASA PENEGASAN DALAM BERITA SURAT KABAR PROHABA (Vera Agusriyanda, 2016)

PENGGUNAAN DIKSI DALAM JUDUL BERITARNSURAT KABAR HARIAN PROHABA (Teuku Asrul, 2014)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV MIN LAMJAMPOK KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATENACEH BESAR (Rahmad Munawar, 2016)

CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM PENGGUNAAN BAHASA JAMEE RAGAM LISAN PADA MAHASISWA ASAL ACEH SELATAN (Heni Awja Santia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.