//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM NYATA DAN LABORATORIUM VIRTUAL SISWA KELAS X MAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Abdul Quddus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas X MAN Darussalam yang diajarkan dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual pada materi Hukum Newton. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih siswa kelas X-IPA1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1, dan siswa kelas X-IPA2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual dan teknik analisis data digunakan rumus uji-t. Diperoleh hasil analisis data berdasarkan kriteria pengujian dua pihak terima H0 jika –t1 – 1/2 α < t < t1 – 1/2α, pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan 43 diperoleh thitung sebesar 1,76 dan ttabel sebesar 2,021. Karena nilai - thitung >- ttabel dan thitung < ttabel atau -1,76 > -2,021 dan 1,76 < 2,021 maka dinyatakan Ho diterima. Berdasarkan analisis data maka dinyatakan hipotesis penelitian ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual siswa kelas X MAN Darussalam pada materi hukum newton.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Suci Rizkina Tari, 2015)

PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA RNPADA SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Melani, 2015)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS KELAS XI-MIPA4 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Ummi Rafidah, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy