//

KERAJINAN AKAR KAYU GERUPEL DALAM KONTEKS MASYARAKAT GAYO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arif Seswi Anugraini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kerajinan, kayu Gerupel, kebudayaan Gayo Penelitian yang berjudul “Kerajinan Akar Kayu Gerupel dalam Konteks Masyarakat Gayo” ini mengangkat masalah yang terkait dengan tahapan proses pengolahan kerajinan akar kayu Gerupel dan perkembangannya dalam konteks masyarakat Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan/pengolahan kerajinan akar kayu Gerupel serta mendeskripsikan perkembangan kerajinan akar kayu Gerupel dalam konteks masyarakat Gayo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten Aceh Tengah, tepatnya di Kampung Paya Tungel, Kecamatan Jagong Jeget, serta beberapa kampung lainnya di wilayah Kabupaten Aceh Tengah untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa subjek/narasumber yang expert dalam dunia kerajinan kayu Gerupel, adapun subjek/narasumber tersebut adalah pengrajin kayu Gerupel yang terdiri dari, Widarno (64 tahun), Malio Adnan (49 tahun), Sutiyono (48 tahun). Selain dari pengrajin, data juga diperoleh dari pihak Dekranasda Aceh Tengah, serta masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap kayu Gerupel. Objek dalam penelitian ini adalah kerajinan akar kayu Gerupel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembuatan kerajinan akar kayu Gerupel terdiri dari: Pengolahan bahan (pengadaan dan membersihkan bahan), menentukan bentuk, mewujudkan bentuk (kontruksi), serta finishing. Teknik yang digunakan adalah teknik tempel dan teknik raut. Menurut perkembangannya kayu Gerupel awalnya hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar peti mati¸ akan tetapi seiring berjalannya waktu, saat ini kayu Gerupel telah menjadi produk seni kerajinan yang memiliki beragam bentuk dan fungsi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MUSEUM KERAJINAN TRADISIONLA ACEH (dwi bahariyati, 2015)

WANITA DALAM USAHA KERAJINAN KERAWANG GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (1985-2013) (Desi Arae, 2014)

FUNGSI DAN PROSES PEMBUATAN KERAJINAN KENDI GAYO DI DESA JONGOK MELUEM KECAMATAN KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH (Yulya Gusri, 2014)

PENGEMBANGAN MOTIF KERAWANG GAYO PADA BUSANA PESTA WANITA DI ACEH TENGAH (Tiara Arliani, 2016)

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (cut windasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.