//

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKUNTABILITAS PADA SKPA PEMERINTAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Harismawati - Personal Name
SubjectREPORTS - FINANCIAL MANAGEMENT
ACCOUNTABILITY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKUNTABILITAS PADA SKPA PEMERINTAH ACEH Oleh: Harismawati NIM: 1409200070098 Pembimbing: 1. Dr. Yossi Diantimala, SE, M.Si, Ak 2. Dr. Syukriy Abdullah, SE, M.Si, Ak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan sistem informasi keuangan dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas pelaporan keuangan dan implikasinya terhadap akuntabilitas pada SKPA Pemerintah Aceh , baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Instansi/lembaga di lingkungan Pemerintah Aceh sebanyak 48 SKPA, dengan responden penelitian sebanyak 144 orang yang terdiri dari Kuasa Pengguna Anggaran, Bendahara Pengeluaran dan Kasubbag Keuangan pada masing-masing SKPA.Penelitian ini merupakan penelitian pengujian hipotesis dengan sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada responden penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengaruh penerapan sistem informasi keuangan dan sistem pengendalian intern berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan pada SKPA Pemerintah Aceh, baik secara simultan maupun parsial. Selanjutnya penerapan sistem informasi keuangan, sistem pengendalian intern dan kualitas pelaporan keuangan baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap akuntabilitas pada SKPA Pemerintah Aceh. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa kualitas pelaporan keuangan memediasi (menghubungkan) secara parsial (partially mediation) pengaruh penerapan sistem informasi keuangan dan sistem pengendalian intern terhadap akuntabilitas pada SKPA Pemerintah Aceh. Kata kunci: sistem informasi keuangan, sistem pengendalian intern, kualitas pelaporan keuangan dan akuntabilitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA SKPA PEMERINTAH ACEH) (Liza Fatmi, 2016)

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT ACEH PEMERINTAH ACEH) (indah hartati, 2016)

PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, KUALITAS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT ACEH DI PEMERINTAH ACEH) (Sri Emilda, 2017)

PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL, SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN PENGELOLAAN ASET DAERAH TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT ACEH) (mustaruddin, 2017)

PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KUALITAS APARATUR PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA AKUNTABILITAS KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI KOTA SABANG (FAIZUN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy