//

KAJI EKSPERIMENTAL KOLEKTOR SURYA DILENGKAPI MATERIAL PENYIMPAN ENERGI PANAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T.M. INDRA RIAYATSYAH - Personal Name
SubjectHEAT ENGINES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Pemanfaatan energi surya sebagian besar untuk pemanas air. Sistem pemanas air surya sudah umum digunakan namun masih memiliki beberapa hambatan sehingga selalu diperlukan penelitian untuk meningkatkan kinerja sistem pemanas air surya. Pada penelitian ini telah dirancang pemanas air surya yang dapat diandalkan untuk menyediakan air panas pada saat tidak tersedianya energi matahari atau sinar surya dalam jangka pendek. Pemanas air surya yang dirancang dan dibuat berukuran panjang 465 mm x 365 mm x 15 mm. Untuk meningkatkan kinerja sistem digunakan material penyimpan energi panas (PCM) diletakkan didalam kolektor surya yang berbentuk bola-bola. Material yang digunakan untuk penyimpan energi panas yaitu lilin lebah (beeswax). Pengujian sistem pemanas air surya dilakukan dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala dengan kondisi cuaca Kota Banda Aceh. Dari hasil pengujian diperoleh sistem pemanas air surya mampu mencapai 58C, penggunaan material penyimpan energi panas mampu mempertahankan temperatur air yang telah diganti berkisar antara 40C hingga 45C selama 2-3 jam, sedangkan radiasi surya dan temperatur ruang kaca mulai menurun. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan material berubah fasa (PCM) sebagai material penyimpan energi panas akan mampu meningkatkan dan mempertahankan kinerja sistem pemanas air surya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMANFAATAN MATERIAL PENYIMPAN PANAS PADA KOLEKTOR KONSENTRATOR TIPE SETENGAH SILINDRIS (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

KAJIAN EKSPERIMENTAL PERPINDAHAN PANAS BEES WAX SEBAGAI MATERIAL PENYIMPAN PANAS (Zulfan, 2014)

UJI EKSPERIMENTAL SISTEM PEMANAS AIR TENAGA SURYA MEMANFAATKAN MATERIAL PENYIMPAN PANAS (Razi Muhammad, 2014)

PENGARUH KONFIGURASI MATERIAL PENYIMPAN PANAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMANASKAN AIR PADA KOLEKTOR KONSENTRATOR TIPE SILINDRIS (ISLAHUL UMAM, 2018)

UJI PERFORMANSI KOLEKTOR SURYA PLAT DATAR DENGAN MENGGUNAKAN KENDAL (LEMAK SAPI) DAN PARAFIN SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN PANAS (Fahrurrazi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy