Search :

Advance


TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kecepatan membaca, pemahaman bacaan, kecepatan efektif membaca Penelitian ini berjudul “ Tingkat Kecepatan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecepatan membaca, tingkat pemahaman terhadap isi bacaan , dan tingkat kecepatan efektif membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh yang berjumlah 144. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 15% dari jumlah keseluruhan, yaitu siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yaitu tes kecepatan membaca dan tes pemahaman bacaan dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus kecepatan membaca, rumus pemahaman bacaan, dan rumus kecepatan efektif membaca. Hasil penelitian terhadap 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh, siswa mampu membaca dengan kecepatan rata-rata 187 kpm, perolehan pemahaman isi bacaan rata-rata 67%, dan rata-rata kecepatan efektif membaca 124 kpm. Jika dibandingkan dengan standar kecepatan membaca tingkta SMP 200-250 kpm, maka tingkat kecepatan membaca siswa 124 kpm belum memenuhi standar tuntutan . Dengan demikian, tingkat kecepatan membaca siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh masih rendah. Rendahnya tingkat kecepatan membaca siswa karena siswa belum pernah memperoleh pembelajaran tentang kecepatan membaca.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGSE (Roslina, 2016)

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (AIZA FITRIA, 2015)

PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPRITZ (rahmati, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 KUTA BARO MENEMUKAN TOPIK UTAMA DARI BERITA YANG BERTOPIK SAMA MELALUI MEMBACA EKSTENSIF (rini hapsari, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.