Search :

Advance


PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN PETANI CENGKEH DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE 1970-2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Hidayah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Perekonomian, petani, dan cengkeh Sesuai dengan judul yang diangkat yaitu “Perkembangan Perekonomian Petani Cengkeh Di Kecamatan Teupah Barat Kebupaten Simeulue (1970-2014)”, maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh perekonomian petani cengkeh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Tepah Barat, (2) untuk mengetahui kehidupan petani cengkeh di Kecamatan Tepah Barat dalam kaitannya dengan fluktuasi harga cengkeh di pasaran. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah atau disebut metode sejarah kritis, yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Untuk menyimpulkan data penulis menggunakan dua cara yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari wawancara (interviuw), dan studi dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pendapatan petani cengkeh meningkat pada tahun 1970 dimana pada tahun tersebut harga cengkeh melonjak drastis hingga Rp 2.000 per kilogramnya. Kenaikan harga cengkeh pada tahun 1970 disebabkan mengurangnya stok cengkeh bagi perusahaan rokok kretek. Masyarakat petani cengkeh bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, membangun rumah serta menyekolahkan anaknya. Pendapatan petani cengkeh paling rendah terjadi pada tahun 2005, menurunnya pendapatan petani disebabkan musibah Gempa dan gelombang Tsunami yang terjadi menyebabkan tanaman cengkeh banyak yang mati. (2) Dengan harga cengkeh yang sering berfluktuasi dipasaran sangat berpengaruh terhadap kehidupan petani. Kalau harga cengkeh dipasaran naik maka taraf kehidupan petani cengkeh akan sejahtera. Kesejahteraan petani cengkeh paling baik terjadi pada tahun 1970, karena pada tahun ini harga cengkeh melonjak drastis dan harga kebutuhan pokok (sembako) masih sangat murah. Kesejahteraan petani cengkeh terus membaik dari tahun ketahun. Kesejahteraan petani cengkeh paling menurun terjadi pada tahun 2014, dikarenakan pada tahun ini harga cengkeh relatif rendah sedangkan harga kebutuhan pokok lainnya terus melonjak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM SURAT KELUAR PADA KANTOR CAMAT KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Yunita, 2013)

PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAPAT MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA RN DI KELAS V SD NEGERI 7 TEUPAH BARAT (Virga Anantha, 2014)

TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIANNASIONAL (UN) TAHUN 2009/2010 SISWA SMA NEGERI 1 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Rosmi Melati, 2016)

TURIS ASING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SIMEULUE (STUDI DI DESA MAUDIL KECAMATAN TEUPAH BARAT) (Romi Fandayani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.