Search :

Advance


ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2005-2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifchi Anggari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perkembangan, social ekonomi, petani kelapa sawit. Penelitian yang berjudul “Alih Fungsi Lahan Sawah ke Perkebunan Kelapa Sawit”. Penelitian ini mengangkat masalah 1) mengapa masayarakat kecamatan Trumon beralih dari petani sawah kepetani kelapa sawit, 2) bagaimana perkembangan social ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di KecamatanTrumon, 3) bagaimana kendala yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan tahun 2005-2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat di Kecamatan Trumon melakukan alih fungsi lahan sawah ke perkebunan kelapa sawit, 2) untuk menganalisa perkembangan sosial ekonomi petani kelapa sawit di kecamatan Trumon dan, 3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Historis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada banyak faktor masyarakat melakukan alih fungsi lahan sawah di Kecamatan Trumon diantaranya resiko dalam bertani sawah lebih tinggi, kualitas lahan dan faktor ekonomi. Dalam perkembangan sosial ekonomi terlihat bahwa petani di Kecamatan Trumon sesudah melakukan alih fungsi lahan taraf hidup sudah lebih baik. Kendala yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon adalah kurangnya pupuk bersubsidi dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang cara penanaman dan perawatan tanaman kelapa sawit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN MENJADI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (1990-2013) (Ayuni, 2016)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN PETANI SETELAH MELAKUKAN KONVERSI LAHAN SAWAH MENJADI KEBUN KELAPA SAWIT DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (MUHAMMAD AZNANI, 2016)

DAMPAK PERALIHAN LAHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI (STUDI TERHADAP PERALIHAN LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN SAWIT DI GAMPONG PAYA LABA. KECAMATAN. KLUET TIMUR, KABUPATEN, ACEH SELATAN. ACEH. INDONESIA) (Heri Saputra, 2017)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.