Search :

Advance


TINGKAT KONTAMINASI MIKROBA DAN FAKTOR-FAKTOR RISIKO PADA PRODUK IKAN KAYU (KEUMAMAH) DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Roza Fitria - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kontaminasi mikroba dan faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap produk keumamah pada tahap akhir proses pengolahan di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Kajian ini dilakukan dalam bentuk survei lapangan dengan melibatkan sejumlah tiga produsen. Pada tiap-tiap produsen diambil sebanyak tiga sampel produk ikan kayu untuk diuji cemaran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode TPC (Total Plate Count). Selain itu terhadap produsen keumamah juga diwawancarai menggunakan kuisioner terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat cemaran mikroba yang terdapat pada produsen pertama sebesar 1,2x106CFU/g dan produsen kedua pada angka 9,7x105CFU/g. Hasil ini tergolong diatas nilai ambang SNI 7338:2009 (5,0x105CFU/g) dibandingkan dengan ikan kayu yang diproduksi oleh produsen ketiga (angka cemaran 6,7x104CFU/g). Hasil survey diketahui bahwa kemungkinan salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan cemaran mikroba tersebut dilakukannya penjemuran keumamah di tempat terbuka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk keumamah yang diproduksi di wilayah Kuta Alam memiliki angka kontaminasi mikroba diatas batas maksimun cemaran dan hal ini dapat disebabkan oleh proses pengolahan yang tidak higienis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANGKA CEMARAN MIKROBA DAN IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO PADA TAHAP PEMBERSIHAN DAN PEREBUSAN PRODUKSI IKAN KAYU DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Astri Wulandari, 2017)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA ABON IKAN DAN USAHA IKAN KAYU CHIP DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NAZILLA ULFA, 2016)

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN PLAN-DO-CHECK-ACT (PDCA) BERDASARKAN STANDAR MINIMAL PRODUKSI KEUMAMAH UD. TUNA (Muhammad Mirza, 2017)

KANDUNGAN PROTEIN DAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PRODUK IKAN KEUMAMAH YANG DI JUAL DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Anisa Warisman, 2017)

PENGARUH PERENDAMAN IKAN KEUMAMAH TERHADAP KADAR PROTEIN (Jumhuri, S.KH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.