//

KONFERSI MINYAK JELANTAH MENJADI BIODIESEL MENGGUNAKAN KATALIS KALSIUM OKSIDA (CAO) DARI CANGKANG TELUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Mauliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang konversi minyak jelantah menjadi biodiesel menggunakan katalis CaO dari cangkang telur. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh konsentrasi katalis terhadap nilai konversi biodiesel dan karakteristik biodiesel yang dihasilkan dari minyak jelantah. Sampel penelitian diambil dari minyak bekas gorengan Darussalam, Banda Aceh. Proses reaksi dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap Esterifikasi dan Transesterifikasi. Kedua tahap ini berlangsung secara berkelanjutan melalui proses refluks pada suhu 60oC dan putaran 800 rpm selama 3 jam. Pada esterifikasi minyak jelantah direaksikan dengan metanol p.a menggunakan perbandingan 1:6 (v/v) dengan bantuan katalis asam H2SO4 1,25%, dan dilanjutkan ke tahap Transesterifikasi menggunakan katalis basa dari CaO cangkang telur dengan variasi jumlah katalis CaO cangkang telur yaitu 2,5%, 5% dan 7,5% dari berat minyak jelantah, masing-masing nilai konversi biodiesel sebesar 11,52; 15,52; dan 9,21%. Hasil uji menunjukkan nilai karakteristik biodiesel untuk masing-masing persen katalis berturut-turut adalah densitas 1,03; 1,06; dan 1,05 g/ml. Viskositas 16,09; 10,48; dan 7,07 poise. Nilai bilangan asam 0,52; 0,31 dan 0,47 mg KOH/g. Nilai bilangan penyabunan 189,99; 201,21; dan 203,46. Nilai karakteristik yang diperoleh hanya bilangan asam dan bilangan penyabunan yang memenuhi SNI, sedangkan densitas dan viskositas yang didapat sangat besar. Densitas yang lebih besar disebabkan masih terdapat sedikit trigliserida yang memiliki densitas tinggi belum terkonversi dengan baik. Viskositas biodiesel ini tinggi disebabkan terjadinya reaksi safonifikasi pada saat transesterifikasi. Hasil uji analisa Fourier Transform Infra Red (FT-IR) menunjukkan adanya gugus metil (alkil) yang berada pada bilangan gelombang 1742,76 cm-1. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa minyak jelantah dapat dikonversikan menjadi biodiesel dengan katalis CaO dari cangkang telur, namun biodiesel yang dihasilkan belum murni karena nilai densitas dan viskositas yang diperoleh masih tinggi. Kata kunci: minyak jelantah, biodiesel, katalis, Kalsium Oksida (CaO), cangkang telur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREPARASI KATALIS HETEROGEN ANORGANIK DARI LIMBAH TULANG IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS) DAN UJI AKTIVITAS KATALITIKNYA PADA SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA (Desi Novita, 2018)

KAJI EKPERIMENTAL PERFORMNASI MESIN DIESEL DENGAN PEMANFAATAN BAHAN BAKAR NABATI DARI BIJI KARET ( HEVEA BRASILIENSIS) (SAMSUL BAHRI, 2018)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) DENGAN VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING (ULVIA, 2016)

PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN TONGGOL JAGUNG SEBAGAI ADSORBEN (Lola Antai Loka, 2017)

PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN TONGGOL JAGUNG SEBAGAI ADSORBEN (Bahagia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy