Search :

Advance


ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aida Auliyani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: tes diagnostik, three-tier multiple choice, kesulitan pemahaman, dan sifat koligatif larutan Telah dilakukan penelitian tentang analisis kesulitan pemahaman siswa pada materi sifat koligatif larutan dengan menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemahaman siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh pada materi sifat koligatif larutan menggunakan three-tier multiple choice diagnostic test. ; 2) mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh dalam memahami materi sifat koligatif larutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang dipilih secara purposive sampling dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14,81% siswa yang paham konsep, 33,94% siswa mengalami miskonsepsi, 45,06% siswa tidak paham konsep, dan 5,96% error. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru disebabkan oleh siswa yang kurang memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran ketika proses belajar mengajar berlangsung. Selain itu, siswa juga tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai, siswa tidak serius mempelajari konsep-konsep penting yang harus dipahami dan merupakan konsep prasyarat untuk mempelajari konsep selanjutnya, banyak siswa yang belajar dengan cara menghafal, dan kurangnya latihan soal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusnidar, 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Irsanti, 2017)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016)

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENDEKATAN LESSON STUDY PADA MATERI PENENTUAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (DIAN PURNAMA, 2014)

PENGUKURAN TINGKAT BERPIKIR SISWA MELALUI TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KOLOID (Asyirah Darmia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.