Search :

Advance


KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Guntari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Guntari. 2016. Kontribusi Perpustakaan Sekolah terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Bukhari, M.Pd. (2) Dra. Syarifah Habibah, M.Pd. Kata Kunci : Kontribusi, Perpustakaan Sekolah, Membaca Pemahaman Membaca pemahaman adalah membaca dengan penuh penghayatan untuk menyerap apa yang dikuasai siswa/pembaca. Salah satu sarana sekolah yang mampu menumbuhkan minat baca siswa adalah melalui perpustakaan sekolah. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah kontribusi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh dalam membaca di perpustakaan, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh, dan (3) kontribusi/kemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 62 siswa dan sampel sebanyak 62 siswa. Populasi diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA dan VB. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui angket dan tes. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dilakukan secara manual. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa dalam membaca di perpustakaan sebesar 73% atau tergolong dalam kategori baik, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh memiliki rata-rata 59 atau tergolong dalam kategori cukup, (3) berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui f_hitung yaitu sebesar 0,316 sedangkan f_tabel yaitu sebesar 4,00. Dengan demikian, f_hitung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS VRNSD NEGERI MUSA KABUPATEN PIDIE JAYA (nurlaila, 2014)

KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGSE (Roslina, 2016)

MINAT BACA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Dara Nastianti, 2014)

PERSEPSI GURU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA YANG BERKUNJUNG DAN TIDAK BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI LAMPEUNEURUT (Ummi Kalsum , 2016)

TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (Yulia Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.