Search :

Advance


PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA COMPACT DISC PADA MATERI MERANGKAI GERAK TARI TRADISIONAL ACEH DI SMP NEGERI 13 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Rafika Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: hasil belajar, media Compact Disc Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa kelas VIII dengan menggunakan Media Compact Disc pada materi merangkai gerak tari tradisional di SMP Negeri 13 Banda Aceh” mengangkat masalah bagaimana aktivitas siswa dan guru dikelas VIII-1 dengan menggunakan media Compact Disc dan kelas VIII-2 yang tidak menggunakan media serta bagaimana perbandingan hasil belajar siswa kelas VIII-1 dengan menggunakan media Compact Disc dan kelas VIII-2 dengan pembelajaran seperti biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru di kelas VIII-1 dengan menggunakan media Compact Disc dan kelas VIII-2 yang tidak menggunakan media dan menganalisis hasil belajar siswa kelas VIII-1 dengan menggunakan media Compact Disc dan kelas VIII-2 dengan pembelajaran seperti biasanya. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini ada 2, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Negri 13 Banda Aceh dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan tingkat kemampuan siswa yang hampir sama. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes (tulis dan praktik). Teknik analisis data untuk rumusan masalah yang pertama menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan (a) mentabulasi data kedalam daftar frekuensi, (b) uji homogentitas sampel, (c) uji homogenitas varians, (d) uji normalitas, dan (e) pengujian hipotesis. Hasil penelitian aktivitas siswa dan guru kelas VIII-1 dengan menggunakan media Compact Disc tampak siswa dan guru lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan dengan kelas VIII-2 yang tidak menggunakan media. Hasil penelitian perbandingan hasil belajar siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang tidak menggunakan media adalah pada kelas eksperimen (VIII-1) memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,8 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol (VIII-2) memeperoleh nilai rata-rata sebesar 66,7. Kriteria pengujian hipotesis, yaitu “terima H0 jika –t1-1⁄2 (thitung terletak antara -2,06 dan 2,06) dan untuk harga t lainnya H0 ditolak”. Berdasarkan perhitungan statistik maka diperoleh thitung = 0,76 sedangkan ttabel(0,975) = 2,06. Dalam hal ini t berada pada daerah terima H0 dan H1 dengan taraf signifikan α = 0,05. Sehingga dapat dibuktikan bahwa hasil belajar diperoleh dari kedua kelas tersebut berbeda, dan hasil dari penerapan pembelajaran dengan menggunakan media compact disc lebih baik dari pada menggunakan media konvensional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MEDIA COMPACT DISC DAN MEDIA GAMBAR DISMA NEGERI 1 LHOKNGA ACEH BESAR (Nadya, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA (Sulaiman, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MODEL DI KELAS VIII PADA MATERI SENI TARI KREASI “NIRMALA” DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Lusiana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.