Search :

Advance


PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI LANSIA DI PANTI JOMPO (STUDI DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG, LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Miranti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pendekatan Komunikasi Interpersonal Pengasuh dalam Memberikan Pelayanan bagi Lansia di Panti Jompo (Studi di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang, Lamglumpang Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal pengasuh dalam memberikan pelayanan bagi lansia di panti jompo, serta untuk mengetahui hambatan yang muncul ketika pengasuh berkomunikasi dengan lansia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model peranan yang memandang hubungan interpersonal sebagai panggung sandiwara, dimana setiap orang harus memainkan perannya sesuai dengan “naskah” yang telah dibuat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang pengasuh dan 5 lansia yang dipilih berdasarkan teknik purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal pengasuh dengan lansia telah berlangsung secara baik karena pengasuh menerapkan pendekatan informatif, dialogis dan persuasif dalam memberikan pelayanan kepada lansia. pendekatan informatif pada hakikatnya komunikator hanya menyampaikan informasi kepada komunikan dengan tujuan komunikan bisa mendapatkan pengetahuan baru. Pendekatan dialogis merupakan cara mempengaruhi dan mengubah pandangan maupun sikap orang lain dengan terbuka. Sedangkan pendekatan persuasif adalah untuk mengubah sikap secara halus dengan cara membujuk tanpa memaksanya dan tanpa kekerasan. Adapun pendekatan instruktif tidak dapat diterapkan karena pendekatan ini bersifat memerintah dan paksaan. Hambatan yang muncul saat pengasuh berkomunikasi dengan lansia disebabkan karena gangguan pendengaran, perbedaan bahasa, gangguan fisik yang dialami oleh lansia serta usia pengasuh yang lebih muda dari lansia. Kata Kunci: Pendekatan Komunikasi Interpersonal, Pengasuh, Lansia, Panti jompo

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

GAMBARAN KOLONISASI CANDIDA ORAL PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Muliana Sari, 2016)

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.