Search :

Advance


MOTIVASI DAN POLA INTERAKSI PENGGUNA ROLE PLAY TWITTER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iin Parlina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Motivasi dan pola interaksi pengguna role play twitter pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi informan dalam menggunakan role play di jejaring social twitter dan mengetahui pola interaksi yang terbentuk pada pengguna Role play di jejaring sosial twitter. Twitter telah menjadi salah satu situs yang paling sering dikunjungi di internet. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan atau uses and gratification theory, teori ini memfokuskan perhatian pada audiens sebagai konsumen media massa, dan bukan pada pesan yang disampaikan. Metode penelitian menggunakan pendekatanp enelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Ala tpengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara semi-terstruktur dan juga studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalaht eknik snowball atau bola salju. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapatkan berdasarkan wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentas imaka dapat dilihat bahwa motivasi pengguna role play twitter adalah sebagai pengalihan dari rutinitas sehari-hari serta sebagai wadah untuk meluapkan segala bentuk kreatifitas, emosional dan pengalihan diri yang tidak dapat diekspresikan di dunia nyata, selain itu mahasiswa/i lebih nyaman menggunakanrole play twitter, dibandingkan memerankan orang lain menggunakan identitas asli. Hubungan personal antara sesama pemain role play di twitter lebih mudah berinteraksi karena sesama pengguna role play lebih paham dalam membahas seputar kehidupan artis idolanya. Dalam hal pengawasan, menggunakan media sosial khususnya role play di twitter memudahkan penggunanya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena tidak semua pengguna role play memiliki motif yang sama dalam menggunakan akun tersebut. Mengenai pola interaksi, pola yang digunakan adalah atas dasar keinginan sendiri ataupun ajakan dari kerabat maupun lingkungan sekitar untuk membuat akun role play dan membentuk masyarakat maya di dunia role play. Kata Kunci: Motivasi, role play, dan pola interaksi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF ROLE PLAY IN TEACHING STUDENTS' SPEAKING SKILL (Novi Andriani, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILL (Dwi Juniyana, 2017)

TEACHING SPEAKING BY USING ROLE PLAY TECHNIQUE (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT SECOND YEAR STUDENTS OF SMP INSHAFUDDIN, BANDA ACEH) (MUTIA RAHMAH, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN SPEAKING (RATNA DEWI, 2014)

THE USE OF ROLE PLAY TECHNIQUE IN TRANSACTIONAL AND INTERPERSONAL SPEAKING ACTIVITY (Salmi Hardiyanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.