//

PERSEPSI APARATUR PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PERAN PENDAMPING DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA GELAMPANG WIH TENANG UKEN KECAMATAN PERMATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahara Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Persepsi, Aparatur Pemerintahan Desa, Peran, Pendamping desa Penelitian ini berjudul “Persepsi Aparatur Pemerintahan Desa Terhadap Peran Pendamping Desa”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di desa Gelampang Wih Tenang Uken, sehingga kehadiran pendamping desa itu diharapkan bisa memberikan kontribusi yang besar dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Adapun masalah yang dimaksud yaitu: (1) Masih belum optimalnya pelaksanaan pendamping desa, (2) pendamping desa belum melaksanakan tugasnya dengan baik. Rumusan masalah meliputi: 1) Bagaimana persepsi aparatur pemerintahan desa terhadap peran pendamping desa di desa Gelampang Wih Tenang Uken. 2) Bagaimana peran pendamping desa di desa Gelampang Wih Tenang Uken dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi Aparatur pemerintahan desa terhadap peran pendamping desa. 2) Untuk mengetahui bagaimana peran pendamping desa dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 14 orang dari aparatur pemerintaan desa Gelampang Wih Tenang Uken, Kecamatan Permata, kabupaten Bener Meriah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi aparatur pemerintahan desa terhadap peran pendamping desa, menurut aparatur pemerintahan desa, pendamping desa memiliki peranan yang penting di desa, yaitu: sebagai fasilitator, motivator, membantu aparatur pemerintahan desa, mengawal pengelolaan dana desa, menemukan potensi desa, menyusun keuangan desa, dan pembangunan desa. Dalam melaksanakan tugasnya, Menurut aparatur pemerintahan desa Gelampang Wih Tenang Uken Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah, pendamping desa belum melaksanakan tugasnya dengan baik, hal ini disebabkan karena ada beberapa tugas yang belum dijalankan yaitu: mendampingi desa dalam usaha ekonomi desa, pendayagunaan sumberdaya alam dan teknologi tepat guna. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Diharapkan kepada pendamping desa agar dapat mengemban amanah dalam melaksanakan tugas-tugasnya (2) Kepada aparatur pemerintahan desa agar dapat meningkatkan hubungan dengan pendamping desa maupun masyarakat desa agar dana desa dapat dikelola secara terencana dan partisipatif oleh pemerintah desa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS REALISASI PROGRAM ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA GELAMPANG WIH TENANG UKEN KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Irfan Hidayat, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN BADAN PERMUSYWARATAN DESA DALAM RANGKA PEMBANGUNAN DESA GELAMPANG WIH TENANG UKEN KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Jasmiadi, 2017)

PERAN PENDAMPING DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DESA (STUDI DI GAMPONG KEUMUMU HULU KECAMATAN LABUHAN HAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN) (M NAZRI, 2017)

PENINGKATAN KINERJA APARATUR PEMERINTAHAN DESA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI DESA BIES RNPENENTANAN KABUPATEN ACEH TENGAH (MUHAMMAD AMIN, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NOVI ZULFIATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy