Search :

Advance


PERAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA SISWA MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifka Fitrian - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini judul Peran Guru Dalam Pemberian Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie yang dilatar belakangi dengan perubahan globalisasi yang menyebabkan tingkat nasionalisme siswa sekarang semakin luntur baik itu dari segi bahasa, lagu kebangsaan, lambang negara, hari-hari penting NKRI, dan tempat bersejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam pemberian penguatan nilai-nilai nasionalisme pada siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penguatan nilai-nilai nasionalisme yang dilaksanakan oleh guru pada siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pemberian penguatan nilai-nilai nasionalisme pada siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penguatan nilai-nilai nasionalisme yang dilaksanakan oleh guru bagi siswa MTsN Glumpang Minyeuk Kabupaten Pidie Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Responden dalam wawancara ini berjumlah 13 orang diantaranya 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah, 2 orang guru Ppkn, 3 orang guru Agama, 1 orang guru Olahraga, 1 orang guru Konseling, 1 orang guru Pembimbing Pramuka, 3 orang guru Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru di MTsN Glumpang Minyeuk sudah berperan sangat baik dalam pemberian penguatan nilai-nilai nasionalisme kepada siswa dilihat dari adanya kegiatan yang mendukung disekolah melalui upacara bendera. (2) Hambatan yang dihadapi dalam memberikan penguatan pada siswa tentang nilai-nilai nasionalisme yaitu masih kurang tersedianya buku bacaan, atau poster yang mendukung dalam meningkatkan minat siswa terhadap nasionalisme. Saran dari hasil penelitian (1) Guru diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat nasionalisme kepada siswa untuk mencintai bangsa dan negaranya di era globalisasi saat ini mengingat banyak nya pengaruh teknologi dan informasi (2) Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk meningkatkan semangat nasionalisme siswa. Kata kunci : Peran Guru, Pemberian Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Reza rizki, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015)

PEMBINAAN NILAI NASIONALISME PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI SAMUDERA ACEH UTARA (Roslina, 2013)

PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONLISME PADA SISWA SD NEGERI UNGGUL SIBREH (FERY KURNIAWAN, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 3 BANDA ACEH (Darmawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.