Search :

Advance


POTENSI ENZIM BROMELAIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS) SEBAGAI BAHAN BLEACHING DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN STRUKTUR EMAIL GIGI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainul Mardiah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Ainul Mardiah Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Potensi Enzim Bromelain dari Ekstrak Nanas (Ananas comosus) Sebagai Bahan Bleaching Ditinjau dari Perubahan Warna dan Struktur Email Gigi Penggunaan bahan home bleaching seperti karbamid peroksida dan hidrogen peroksida dalam waktu lama dan dosis yang berlebih dapat menimbulkan efek samping terhadap gigi. Efek samping yang ditimbulkan seperti iritasi pada mukosa, toksisitas dan gigi menjadi lebih sensitif. Bleaching menggunakan bahan alami merupakan salah satu alternatif. Nanas (Ananas comosus) merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Enzim bromelain pada nanas dipercaya mampu memutihkan gigi. Selain itu, nanas juga mengandung asam sitrat, asam fosfat dan peroksida yang dapat memutihkan gigi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi enzim bromelain pada nanas (Ananas comosus) sebagai bahan alternatif bleaching. Sebanyak 12 gigi premolar pertama rahang atas dan bawah post ekstraksi, digunakan sebagai spesimen penelitian. Spesimen penelitian dibagi menjadi dua kelompok (n=6), pengolesan dengan ekstrak nanas dan gel karbamid peroksida 10% diaplikasikan 6 jam/hari selama 7 hari (T=37ºC) pada masing-masing kelompok. Pengukuran perubahan warna dilakukan menggunakan Shade Guide (VITA Classical) dan perubahan struktur email dianalisis menggunakan SEM dan EDS. Data hasil perubahan warna dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dan Mann Whitney (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

PENGARUH EKTRAK BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS (L) MERR.) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (PEMERIKSAAN KLINIS PADA UKURAN LUKA SAMPAI HARI KE 14) (Putri Maulidia, 2015)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMUTIHAN EMAIL GIGI ANTARA PASTA BUAH STROBERI (FRAGARIA SP) DAN APEL (MALUS SP) SEBAGAI BAHAN BLEACHING ALAMI DENGAN KARBAMID PEROKSIDA 10% (Hilya, 2015)

PERUBAHAN WARNA EMAIL GIGI SETELAH APLIKASI BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) DAN KARBAMID PEROKSIDA 10% SEBAGAI BAHAN DENTAL BLEACHING. (CUT FAUZIAH, 2015)

PENGARUH UKURAN PARTIKEL PASTA ARANG BAMBU TALI (GIGANTOCHLOA APUS) SEBAGAI BAHAN BLEACHING ALAMI TERHADAP PERUBAHAN WARNA EMAIL GIGI (MUSFIRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.