//

Konversi Lahan Sawah dan Dampaknya Terhadap Produksi Padi dan Pola Kerja Pelaku Konversi di Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang cut ardelina miranda - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL-ECONOMICS ASPETCS
RICE
LAND
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KONVERSI LAHAN SAWAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKSI PADI DAN POLA KERJA PELAKU KONVERSI DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR OLEH Cut Ardelina Miranda / Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola konversi lahan sawah di Kecamatan Krueng Barona Jaya serta menganalisis dampak konversi lahan terhadap pengembangan wilayah di Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banda Aceh, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Aceh Besar, dan Bappeda Aceh Besar, serta data primer yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara di lapangan. Metode Deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh dari apa yang terlihat dilapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pola konversi lahan yang terjadi di Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar adalah berpola sawah menjadi perumahan, sawah menjadi pertokoan, sawah menjadi pabrik kopi dan sawah menjadi fasilitas umum (jalan). Terjadi perubahan pola kerja pelaku konversi, yang sebelum terjadi konversi lahan isri tidak bekerja, namun setelah terjadinya konversi lahan istri mengambil porsi untuk menyumbang pendapatan bagi keluarga. Dampak yang dirasakan karena konversi lahan adalah terjadinya penurunan luas lahan pertanian yang berdampak terhadap penurunan produksi padi di Kecamatan Krueng Barona Jaya serta pertumbuhan terhadap sarana dan prasarana wilayah seperti prasarana transportasi, pendidikan, kesehatan, keamanan serta prasarana umum lainnya. Kata Kunci : konversi lahan, pola konversi lahan, dampak konversi lahan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP PETANI PEREMPUAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Ade Trya, 2017)

DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN SAWAH TERHADAP PENDAPATAN PEMILIK LAHAN DI KECAMATAN MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG (Wan Mutiara Fahmi , 2016)

STUDI KONVERSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (SELFIA HENIKA, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONVERSI LAHAN SAWAH KE PENGGUNAAN NON PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Noviana Yusuf, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.