//

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Astarina - Personal Name
SubjectMOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDY METHODS
PLANTS
SCHOOL ENVIROMENT-PYCHPLOGICAL INFLUENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Rita Astarina: Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Berbasis Pendekatan Active Learning Terhadap Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Tumbuhan di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si., Pembimbing II Dr. Abdullah, M.Si. Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik melalui pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis pendekatan active learning pada materi dunia tumbuhan di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada Januari s.d Februari 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest postest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IA 3 sebagai kelas eksperimen dan X-IA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik, tes untuk menilai keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu untuk motivasi belajar 7,615 > 2,002, keterampilan berpikir kritis peserta didik 4,296 > 2,002 dan hasil belajar peserta didik 2,442 > 2,002. Simpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik lebih tinggi menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis active learning dengan pembelajaran konvensional pada materi dunia tubuhan di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Active Learning, Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI UNGGUL KOTA BANDA ACEH (JULIA, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS GENDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (LASRI, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (ERNA DIANA, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SQ3R DAN WEB PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAS JEUMALA AMAL LUENG PUTU PIDIE JAYA (Havea Juliar Apko, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.