//

FAKTOR-FAKTOR KURANG BERFUNGSINYA PERPUSTAKAAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA MIRUEK TAMAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dera Reflianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Faktor Kurang Berfungsinya, Perpustakaan Desa Desa Miruek Taman merupakan salah satu desa yang mempunyai perpustakaan desa. Perpustakaan yang ada di Miruek Taman banyak di minati pengunjung, pengujung tersebut ada dari masyarakat sekitar maupun masyarakat di luar desa tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang ini hal yang terjadi di perpustakaan di desa Miruek Taman pengunjung untuk membaca di dalam pustaka tersebut semakin berkurang. Rumusan Masalah (1) Bagaimana persepsi pengelola perpustakaan terhadap faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di Desa Miruek Taman? (2) Bagaimana persepsi masyarakat mengenai faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di Desa Miruek Taman?. Tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi pengelola perpustakaan terhadap faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di Desa Miruek Taman (2) Untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di Desa Miruek Taman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 orang yang terdiri dari 5 orang pengelola perpustakaan, 5 orang masyarakat dan 4 orang anak-anak yang ada di desa Miruek Taman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara. Analisis data model interaktif dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di desa Miruek Taman menurut pengelola perpustakaan yaitu tempat yang tersedia untuk para pembaca masih terlalu sempit dan tidak memiliki ruangan khusus, sebagian pengelola mengundurkan diri, kurangnya dana yang dimiliki untuk pengelola perpustakaan dan bantuan dari pihak pemerintah. Faktor-faktor kurang berfungsinya perpustakaan di desa Miruek Taman menurut masyarakat di desa Miruek Taman yaitu kurang nyamannya perpustakaan karena ruangan yang sempit dan tidak memiliki AC, buku-buku yang ada di perpustakaan kurang lengkap dan lebih banyak buku-buku lama. Agar perpustakaan di desa Miruek Taman bisa aktif kembali diperlukan dana serta daya dukung masyarakat. Saran bagi aparatur desa hendaknya segera mengaktifkan kembali perpustakaan di desa Mireuk Taman dan segera mencari pengelola perpustakaan yang baru, bagi masyarakat agar mendukung dan membantu merenovasi sarana perpustakaan sehingga adanya keterlibatan masyarakat dalam menangani ketidak berfungsinya perpustakaan, bagi Pemerintah hendaknya menyediakan dan memenuhi kebutuhan setiap desa dalam hal sarana dan prasarana perpustakaan desa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI HABITAT DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN LANDAK RAYA (HYSTRIX BRACHYURA) DI PENANGKARAN TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR DAN DESA PANTON LUAS KABUPATEN ACEH SELATAN (Mira Salviana, 2016)

PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN DESA (STUDI DI DESA UMAH BESI KECAMATAN GAJAH PUTIH KABUPATEN BENER MERIAH) (Delvi Noviana, 2018)

PROFIL KEMISKINAN DI KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KREUNG KABUPATEN BIREUEN (Dessy Arianti, 2016)

DAMPAK KEBERADAAN TAMAN RUSA TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI SEKITAR DESA LAMTANJONG KECAMATAN SUKAMAKMUR SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR (Fuji Gita Mahardhika, 2015)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN (TANAMAN PADI) PADA WILAYAH YANG TERKENA BANJIR DIKECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Rika Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy