Search :

Advance


PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ultari Ningsih - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Ningsih, Ultari. 2017. Penerapan Media Kartu Kosakata Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M. Pd (2) DewiFitriani, S. Ag, M. Ed Kata Kunci: Media Kartu Kosakata, Bahasa, Anak Usia Dini. Media kartu kosakata dapat digunakan untuk mengembangkan bahasa anak. Masalah penelitian ini adalah bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata dan untuk mengetahui aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian tersebut dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak dilembaga TK FKIP Unsyiah Banda Aceh sebanyak 10 anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik observasi dan unjuk kerja.Data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan tehnik kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata berpengaruh positif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Pratindakan belum dijumpai anak yang kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, pada siklus I belum dijumpai anak yang berada kemampuan bahasanya dengan baik, tetapi sudah ditemukan 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Namun pada siklus II terdapat 6 orang anak yang berkembang sangat baik (BSB). Disimpulkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan pada siklus II jika di bandingkan dengan pratindakan dan siklus I yaitu pada siklus II tingkat kemampuan bahasa anak yang berkembang sangat baik sebanyak 6 anak, berkembang sesuai harapan 3 anak, mulai berkembang 1 anak dan tidak ada lagi kemampuan anak yang belum berkembang. Aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata pada TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan ditinjau berdasarkan dari indikator yang diamati.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Rizki Itawari, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MELEJITKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI PADA TK ISLAM TERPADU SULOH KOTA BANDA ACEH (IRDA RAFIKA, 2016)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA KELOMPOK B 1 TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Nadya Rizky, 2016)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KOSAKATA DALAM BAHASA JAMEE DAN MINANG (Yunisaridewi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.