//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT JULITA ZAHARA - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, Aljabar. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model dalam pembelajaran kooperatif tipe make a match di mana siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan. Dengan cara demikian akan memberi kesempatan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajara kooperati tipe make a match dapat mencapai taraf berhasil pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Untuk sampel penelitian ini diambil secara teknik sampling purposif dari satu kelas, yaitu kelas VII-4 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen design jenis one shot case study. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data tes diperoleh setelah selesainya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat thitung = 2,03 dan ttabel = 1,71 atau t_(hitung )> t_tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat mencapai taraf berhasil pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Syarifah Mursyida, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS LV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (nurul rahmah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA PADA SISWA KELAS X6 RNMAN RUKOH BANDA ACEH (AL MUNA WARAH N, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (RAHIMAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy