//

MINAT MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH SEBAGAI INSTRUKTUR SENAM KEBUGARAN JASMANI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Suhada - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suhada, Ari. 2016. Minat Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Sebagai Instruktur SKJ. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M.Pd., (2) Ifwandi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: minat, instruktur senam Penelitian ini yang berjudul “Minat Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Sebagai Instruktur Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)”. Dalam melakukan kegiatan senam kebugaran jasmani membutuhkan pemimpin atau instruktur senam, Instruktur berperan menjadi pemandu gerak dari para pesenam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah sebagai instruktur senam kebugaran jasmani (SKJ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian field researc yaitu teknik yang digunakan untuk memperoleh data di lapangan dengan cara menyebarkan angket kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putra Penjaskerek letting 2013, 2014, dan 2015 yang berjumlah 220 orang mahasiswa, penelitian ini mengambil 15% dari keseluruhan jumlah populasi dengan menggunakan teknik random sampling, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 33 orang mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala jenjang dan dilanjutkan dengan persentase. Dalam melakukan penelitian, peneliti memberikan pernyataan-pernyataan dalam bentuk angket kepada mahasiswa agar data yang didapat terpercaya dan mampu dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah sebagai instruktur senam kebugaran jasmani (SKJ) dengan rata-rata 61,45 berada dalam kategori sedang, dengan rincian (1) tidak ada responden yang berada pada kategori rendah, (2) sebanyak 19 responden berada pada kategori sedang dengan tingkat persentase 57,58%, (3) sebanyak 14 responden berada pada kategori tinggi dengan tingkat persentase 42,42%. Simpulan dalam penelitian ini minat mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah sebagai instruktur senam kebugaran jasmani (SKJ) tergolong sedang. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mendukung mahasiswa Penjaskesrek menjadi instruktur sangat rendah dari segi intrinsik maupun ekstrinsik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA TINGKAT KEHADIRAN MAHASISWA PADA PELAKSANAAN SENAM KEBUGARAN JASMANI (SKJ) RN(STUDI PENELITIAN PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN/AKADEMIK 2013) (ZULFAHMI, 2014)

TINGKAT DAYA TAHAN JANTUNG PARU INSTRUKTUR SENAM PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2017 (NIKMAH, 2017)

MINAT MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TERHADAP UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNSYIAH DALAM CABANG OLAHRAGA TAHUN 2018 (Jeki Yulianda, 2018)

DAMPAK SENAM KESEGARAN JASMANI (SKJ) 2008 TERHADAP DENYUT JANTUNG PADA MAHASISWA PENJASKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2010/2011 (Midia Pitra, 2016)

MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH MENJADI PROFESI WASIT CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA (RAHMAT FAUZI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy