Search :

Advance


INVESTIGASI PENYEBARAN MERKURI (HG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEI GEOKIMIA DENGAN ANALISIS (ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY- AAS) DI GAMPONG DATAR LUAS DAN SEKITARNYA KECAMATAN KRUENG SABE ACEH JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rasdino Winata - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Aktivitas penambangan emas oleh rakyat makin meningkat seiring ditemukannya zona mineralisasi emas di kawasan hutan lindung di Krueng Sabe Aceh Jaya. Pertambangan rakyat yang kurang memerhatikan faktor pengelolan lingkungan baik dalam pengelolaan limbah yang dihasilkan maupun bahan berbahaya yang digunakan. Wilayah pengolahan emas yang menggunakan teknik amalgamasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) krueng Sabe Aceh Jaya. Berdasarkan informasi tersebut perlu dilakukan Investigasi logam berat merkuri (Hg) di Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, dilakukan dengan survei geokimia dengan mengambil sampel air di limbah tailing pengolahan emas gelundung, air sumur, dan badan air Krueng Sabe. Sampel air dianalisis untuk mendapatkan nilai konsentrasi merkuri dengan uji atomic absorption spectrophotometry- AAS. Hasil uji sampel menunjukkan tiga sampel air A-03 di Gampong Paya Seumantok, A-05 di Gampong Datar Luas, A-08 di Gampong Buntha berturut-turut nilai sampel sebesar (5,4354 ppb, 5,8006 ppb, 12,0927 ppb) dari sepuluh titik lokasi sampel melampaui toleransi baku mutu air pengolahan emas dan tembaga sebesar 5 ppb menurut Keputusan Menteri Lingkungan Hidup 2004. Penelitian ini menerapkan interpolasi konsentrasi merkuri dengan metode ordinary kriging dan menghasilkan peta persebaran logam berat merkuri Gampong Paya Seumantok, Buntha, Keude Krueng Sabe, dan Datar Luas di Kecamatan Krueng Sabe. Dari peta persebaran logam berat yang dihasilkan dapat menjadi acuan sementara untuk perlu dilaksanakan survei lebih lanjut dan perlu monitoring kawasan yang tercemar limbah logam berat merkuri (Hg). Kata Kunci: Investigasi, Survei Geokimia, Atomic Absorption Spectrophotometry- AAS, Interpolasi, Metode Ordinary Kriging.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KANDUNGAN MERKURI PADA TUMBUHAN PAKU SAYUR (DIPLAZIUM ESCULENTUM) DI KAWASAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Munawir Annasri, 2016)

DISTRIBUSI KANDUNGAN MERKURI DI DAS KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG ACEH SELATAN (RISMAYATI, 2016)

ANALISIS TANAH MENGGUNAKAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN KADAR MERKURI (HG) DI DESA DATAR LUAS DAN DESA BUNTA KECAMATAN KRUENG SABE KABUPATEN ACEH JAYA (Alfisyahrin, 2017)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN (TANAMAN PADI) PADA WILAYAH YANG TERKENA BANJIR DIKECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Rika Fitri, 2017)

ANALISIS KANDUNGAN LOGAM MERKURI PADA KERANG BATISSA VIOLACEA LAMARCK DAN SEDIMEN DI SUNGAI RASIAN ACEH SELATAN (Fini Kumitha Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.