Search :

Advance


PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN TONGGOL JAGUNG SEBAGAI ADSORBEN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lola Antai Loka - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, terutama didalam rumah tangga. Konsumsi minyak goreng biasanya digunakan sebagai media menggoreng bahan pangan dan penambah cita rasa. Banyaknya penggunaan minyak goreng menyebabkan minyak jelantah dalam jumlah tinggi, menyadari adanya bahaya kosumsi minyak jelantah menyebabkan berbagai penyakit maka dilakukan upaya untuk memanfaatkan agar tidak terbuang dan mencemari lingkungan. Pada penelitian ini dilakukan penambahan tonggol jagung pada minyak jelantah sehingga dapat menyerap senyawa karsinogenik yang terdapat pada minyak jelantah. Minyak jelantah tersebut di perbaiki dengan mengadsorpsi bau tengik, menyerap warna, dan mereduksi senyawa-senyawa karsinogen yang terdapat pada minyak tersebut. Minyak jelantah yang digunakan untuk proses ini di ambil dari pedangan gorengan. Dengan konsentrasi tonggol jagung 0,2 ; 0,4 ; 0,6 ; 0,8 gram dan untuk ukuran partikel sebesar 120 mesh, 100 mesh dan 80 mesh. Analisa yang di lakukan terhadap pemurnian minyak jelantah yaitu kadar air, asam lemak bebas dan angka penyabunan. Dari pemurnian minyak maka dapat diperoleh kadar airnya sebesar 2,5 %, Kadar FFA 0,1173 %, dan Angka penyabunan yang di dapat adalah sebesar 149,3662 %. Kata Kunci : Minyak jelantah, Tonggol jagung, karsinogenik, karsinogen

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN TONGGOL JAGUNG SEBAGAI ADSORBEN (Lola Antai Loka, 2017)

KARAKTERISTIK FISIKA DAN KIMIA MINYAK SEREH DAPUR YANG DIMURNIKAN DENGAN METODE ADSORPSI (ARIEF FATANEN, 2015)

PRARANCANGAN PABRIK REGENERASI MINYAK JELANTAH DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 87.000 TON/TAHUN (Rheza Nugraha, 2014)

PRARANCANGAN PABRIK REGENERASI MINYAK JELANTAH DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 87.000 TON/TAHUN (Ridwansyah, 2014)

EFEK PEMBERIAN MINYAK JELANTAH TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HATI DAN LIMPARNTIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dessy Florenstina Br. G, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.